Indonesia Positif

Menentukan Usia Kapal, Mahasiswa Teknik Perkapalan UMG Melakukan Uji Lapang

Rabu, 16 Januari 2019 - 14:27 | 50.46k
Mahasiswa Teknik Perkapalan UMG melakukan pengukuran kapal di muara Sungai Jagir Surabaya,Selasa, (1671/2019). (FOTO: Humas UMG - Abdurrahman Faris/AJP TIMES Indonesia)
Mahasiswa Teknik Perkapalan UMG melakukan pengukuran kapal di muara Sungai Jagir Surabaya,Selasa, (1671/2019). (FOTO: Humas UMG - Abdurrahman Faris/AJP TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, GRESIK – Mahasiswa Teknik Perkapalan, Universitas Muhammadiyah Gresik (UMG), melakukan uji lapang dalam menyempurnakan matakuliah Teori Ilmu Bangunan Kapal 1.

Kegiatan praktek yang dijalankan Nidhom dan kawan-kawannya ini, menyisir kapal-kapal tradisional di sepanjang Muara Sungai Jagir Surabaya, pada Selasa, (16/1/2019) kemarin.

Para mahasiswa Teknik Perkapalan UMG ini, dengan teliti mengukur dan menghitung satu persatu untuk mentukan usia kapal, di sungai yang berada di sebelah Timur Surabaya ini.

UMG-kapal..jpg

“Hal ini Kami lakukan untuk melengkapi dokumen kapal seperti BPKB lah jika kendaraan bermotor,”  kata Nidhom.

Sementara itu, Yusa, Kepala Program Studi (Kaprodi) Teknik Perkapalan UMG, mengaku, kegiatan praktik ini sering dilakukan mahasiswa perkapalan UMG.

“Tidak hanya kapal sungai mereka juga sering melakukan di kapal laut karena memang matakuliah ini menjadi basic bagi mahasiswa perkapalan,” ucapnya.

Seusai mendampingi para mahasiswa Teknik Perkapalan, Yusa pun memaparkan, teori bangunan kapal merupakan teori yang menguraikan hubungan-hubungan interaksi antara kapal dengan air.

“Jadi teori kapal ini membahas tentang sifat-sifat kapal di atas air, seperti keseimbangan, stabilitas, tanpa menghiraukan gerakan kapal itu sendiri, dari situ kita bisa menghitung atau memprediksi usia kapal layak untuk di gunakan sampai kapan,” tuturnya. 
Menurut Yusa, di praktik ini, ada 8 titik yang dikerjakan mahasiswa Teknik Perkapalan UMG. “Selain teori mahasiswa Kami ajak ke lapangan langsung karena teknik perkapalan tidak bisa hanya di ruang kelas tapi justru aktivitas di lapangan yang penting, sehingga bisa dikatakan laboratorium kami ada dimana-mana,” ujarnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-4 Editor Team
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES