Glutera News

Cara Mudah Mencerahkan Kulit untuk Wanita

Rabu, 16 Januari 2019 - 12:03 | 29.22k
Image: Glutera
Image: Glutera

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Memiliki kulit yang cerah dan sehat menjadi idaman wanita, tanpa memandang usia. Padahal seiring bertambahnya usia, elastisitas dan kelembapan kulit akan mengalami perubahan. Penting untuk menjaga kesehatan kulit sejak dini agar kulit tetap sehat sekaligus cerah meskipun pertambahan usia terus terjadi. Untuk mencerahkan kulit, Anda bisa memulai dari hal sederhana di rumah.

Perawatan di rumah bisa dimulai dengan membiasakan mandi secara rutin dan batasi penggunaan air panas saat mandi atau mandi terlalu lama, agar kelembapan kulit tetap terjaga. Kemudian hindari penggunaan sabun yang dapat mengikis kandungan minyak pada kulit yaitu sabun yang mengandung bahan iritan, sebab akan membuat kulit kering.

Selain kebiasaan-kebiasaan ini, ada perawatan kulit lainnya yang mungkin bisa menjaga kulit tetap cerah dan sehat sepanjang waktu. Berikut diantaranya.

1. Krim Pelembap
Menggunakan pelembap setiap hari merupakan cara mengatasi kulit kering. Disarankan untuk memilih pelembap yang mengandung SPF agar kulit tetap terlindungi dengan baik.

Jangan lupa untuk mengaplikasikan krim pelembap ke kulit setiap hari, agar masalah kulit kering dapat teratasi. Penggunaan krim atau lotion pelembap setelah mandi juga baik untuk mengunci kelembapan kulit.

2. Tabir Surya
Tabir surya mampu melindungi kulit dari pajanan sinar matahari langsung yang dapat menyebabkan munculnya kerut, bintik-bintik tanda penuaan, serta masalah lain seperti kanker kulit.

Saat memilih produk tabir surya, disarankan untuk memilih tabir surya yang setidaknya mengandung SPF 15 hingga SPF 30. Pastikan pula tabir surya yang digunakan mampu melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet A dan B.

3. Krim Pencerah
Krim pencerah atau lotion pemutih merupakan produk perawatan kulit yang mampu mengatasi area kulit yang gelap menjadi lebih cerah. Hal ini dikarenakan produk krim pencerah mampu mengurangi produksi melanin atau pigmen pemberi warna pada kulit. 

Saat memilih produk kecantikan yang mampu memutihkan kulit ini, penting untuk memperhatikan kandungan krim pencerah yang digunakan. Sebab, beberapa krim pencerah mungkin mengandung merkuri yang berbahaya terhadap kesehatan.

4. Pengelupasan
Untuk mengangkat sel-sel kulit mati sekaligus kotoran yang menempel dan menumpuk di kulit, Anda perlu melakukan langkah pengelupasan. Dengan langkah ini, regenerasi kulit secara alami akan terjadi sehingga kulit tampak lebih cerah.

Untuk memilih produk pengelupasan kulit, disarankan untuk memilih produk kecantikan yang mengandung asam glikolat, asam alfa hidroksil (AHA) dan juga asam beta. Ketiga kandungan tersebut mampu meningkatkan regenerasi kulit dan membuat kulit menjadi tampak lebih segar, bersih dan sehat.

5. Nutrisi
Vitamin yang terkandung dalam produk kecantikan biasanya mampu mencerahkan kulit. Kandungan vitamin dan zat lain yang ditengarai mampu mencerahkan kulit diantaranya vitamin A, vitamin C, asam hialuronat, collagen, glutathione, alfa arbutin,  omega 3 dan 6.

Tak hanya itu saja, kandungan lain yang juga memiliki manfaat untuk kesehatan kulit diantaranya fitohormon, asam amino, vitamin B3, vitamin E, peptida dan retinol. Untuk mendapatkan manfaatnya, disarankan untuk menggunakan produk kecantikan secara rutin dan berkelanjutan sesuai cara penggunaan yang tertera pada produk atau menurut anjuran dokter.

Vitamin dan zat-zat penting lain tersebut dapat diperoleh dari asupan makanan yang sehat dan bergizi, cobalah untuk mengubah pola makan menjadi lebih sehat agar Anda mendapatkan asupan nutrisi yang baik bagi kulit dan juga tubuh.

6. Pengelolaan Stres
Stres berlebihan tidaklah baik bagi kesehatan. Tidak hanya berdampak buruk bagi kesehatan mental, stres berlebihan dan berkepanjangan juga dapat memengaruhi kesehatan kulit.

Stres yang tidak terkelola dengan baik akan menyebabkan tingginya hormon stres sehingga kulit menjadi rentan untuk rusak dan kusam. Pengelolaan stres penting untuk mendapatkan hati yang senang dan kulit yang sehat.

Selain berbagai hal di atas, merawat kulit sedini mungkin memang harus dilakukan agar kulit tampak cerah dan sehat. Pada usia 20-an, kulit terbilang masih kenyal sehingga tidak terlalu banyak masalah pada kulit. Namun, saat usia mulai menginjak 30-an, masalah kulit lain semakin beragam. Seperti munculnya garis halus dan pigmentasi kulit akibat paparan sinar matahari.

Selain merawat kulit dari luar, untuk mencerahkan kulit, Anda juga harus mengimbanginya dengan menerapkan pola hidup sehat. Seperti membiasakan diri mengonsumsi makanan sehat, hentikan pula kebiasaan merokok dan stres. Dengan melakukan berbagai hal di atas, Anda tak hanya mendapatkan kulit yang cerah tetapi juga menjaga kesehatan kulit. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES