Minggu, 17 Februari 2019
Kesehatan

Yuk, Turunkan Tekanan Darah Tinggi dengan Makanan Ini

Yuk, Turunkan Tekanan Darah Tinggi dengan Makanan Ini ILUSTRASI - Buah Semangka bisa menurunkan Tekanan Darah Tinggi. (FOTO: Getfitso)
Selasa, 15 Januari 2019 - 06:06

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Hampir semua orang dapat mengalami tekanan darah tinggi atau hipertensi. Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyebut angkanya saat ini terus meningkat secara global. Peningkatan orang-orang dewasa di seluruh dunia yang akan mengidap hipertensi diprediksi melonjak hingga 29 persen pada tahun 2025.

Tekanan darah tinggi yang tidak tertangani dengan baik bisa menyebabkan penyakit lain, seperti jantung koroner, stroke, dan gagal ginjal. Salah satu yang bisa Anda lakukan demi terhindar dari tekanan darah tinggi adalah menjaga asupan makanan Anda.

Berikut ini berbagai jenis makanan yang bisa membantu Anda menurunkan tekanan darah.

1. Sayuran Hijau

Menurut Harvard Medical School, banyak sayuran berdaun hijau, seperti kubis, bayam, dan collard mengandung kalium dan magnesium yang merupakan mineral utama untuk mengendalikan tekanan darah. Diet kaya kalium membantu tubuh menjadi lebih efisien dalam membuang kelebihan natrium. Sebaliknya, magnesium dalam sayuran hijau membantu meningkatkan aliran darah yang sehat.

2. Telur

Menurut sebuah penelitian terbaru yang dipresentasikan dalam American Chemical Society, putih telur sangat baik untuk menurunkan tekanan darah.

3. Brokoli

Brokoli adalah sumber yang baik untuk mineral pengatur tekanan darah, magnesium, kalsium, dan kalium. Brokoli kaya akan senyawa yang dapat membantu mengurangi kerusakan pada arteri, yang mungkin berperan dalam tekanan darah tinggi.

4. Jus Bit

Berdasarkan sebuah penelitian yang diterbitkan pada April 2013 di jurnal American Heart Association Hypertension, orang dengan tekanan darah tinggi yang minum sekitar 8 ons jus bit tekanan darahnya turun sekitar 10 mmHg. Bit bisa menurunkan tekanan darah karena diketahui mengandung zat yang bernama nitrat, yang dapat diubah menjadi NO (nitrit oksida) di dalam tubuh. Zat ini berfungsi untuk memperlebar pembuluh darah. Apabila pembuluh darah melebar, tekanan darah pun akan turun.

5. Pisang

Sekali lagi, makanan yang bisa menurunkan tekanan darah biasanya tinggi kalium. Pisang adalah salah satu makanan kaya akan kalium. Satu pisang mengandung sekitar 420 miligram kalium, atau 11 persen dari konsumsi 4.700 miligram yang direkomendasikan American Heart Association setiap harinya.

6. Cokelat Hitam

Meski rasanya pahit, cokelat hitam kaya antioksidan yang disebut flavanol, yang membuat pembuluh darah lebih elastis. Untuk mendapatkan hasil terbaik, makanlah cokelat hitam tidak lebih dari 1 ons sehari dan pastikan mengandung setidaknya 70 persen kakao.

7. Bawang putih

Sejak lama, bawang putih dipercaya bisa menurunkan tekanan darah. Antibiotik alami ini mengandung allicin sangat baik bagi penderita hipertensi. Penelitian lain juga menunjukkan bahwa makan bawang putih memengaruhi pembuluh darah menjadi besar, yang mengakibatkan tekanan darah juga berubah.

8. Semangka

Selain nikmat untuk dimakan, semangka memiliki manfaat untuk kesehatan. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa kandungan asam amino sitrulin yang ditemukan dalam buah semangka dapat membantu mengelola tekanan darah tinggi. Sebuah studi menemukan mereka yang mengonsumsi ekstrak semangka mengalami penurunan tekanan darah, khususnya di pergelangan kaki dan arteri lengan. (*)

Jurnalis :
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

Komentar

Loading...
Registration