Kamis, 21 Maret 2019
Peristiwa - Daerah

Raih Piala Adipura, Bontang Siapkan Pawai Keliling Kota

Raih Piala Adipura, Bontang Siapkan Pawai Keliling Kota Wali Kota Bontang, Neni Moerniaeni menerima Piala Adipura dari Wakil Presiden, Jusuf Kalla, Senin (14/1/2019). (Foto: Istimewa)
Senin, 14 Januari 2019 - 23:09

TIMESINDONESIA, JAKARTAPiala Adipura yang ke 10 kali kembali diraih Kota Bontang, Kalimantan Timur. Pemberian penghargaan tertinggi bidang lingkungan hidup tersebut diberikan oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla didampingi Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup, Siti Nurbaya di Auditorium Dr Soedjarwo, Manggala Wanabakti, Jakarta, Senin, (14/1/2019).

Yang menarik dari penghargaan yang pernah diraih sebelumnya, kali ini Kota dengan moto Bontang Jago tersebut meraih tiga penghargaan dari Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup.

Tiga penghargaan tersebut diantaranya Anugerah Adipura Kategori Kota Sedang, Green Leadership Kepala Daerah dan Green Leadership Pimpinan DPRD.

Piala-Adipura-Kota-Bontang-a.jpg

“Sepanjang sejarah baru kali ini kita bisa meraih tiga penghargaan sekaligus, ini awal tahun yang baik bagi Kota Bontang,” ujar Wali Kota Bontang, Neni Moerniaeni.

Neni mengucapkan terima kasih atas kerja keras seluruh petugas kebersihan dan seluruh masyarakat Bontang dalam menjaga kebersihan Kota Bontang.

“Terima kasih atas kerja keras seluruh petugas kebersihan dan seluruh masyarakat Bontang dalam menjaga kebersihan Kota Bontang," ungkapnya.

Hadir dalam penyerahan anugerah bidang lingkungan hidup tersebut, Plh Sekretaris Kota Bontang,Agus amir; Ketua DPRD Bontang, Nur salam dan sejumlah pejabat OPD pemerintah Kota Bontang.

Berdasarkan informasi yang dihimpun penyerahan Piala Adipura ini mestinya dilakukan pada tahun 2018 yang bertepatan dengan hari bumi. Namun ditunda disebabkan terbitnya aturan baru dari KLHK sehingga mewajibkan inovasi pengelolaan sampah disetiap daerah.

Tuntutan regulasi ini ditindak lanjuti Pemkot Bontang dengan menerbitkan Perwali Nomor 22/2018 Tentang Kebijakan Rencana Daerah Dalam Pengelolaan Sampah (Jekrasda).

Salah satu poin yang diatur di dalam aturan ini, yakni keterlibatan masyarakat setempat untuk menjaga dan memelihara lingkungan bebas sampah.

Hal ini yang menjadi poin dalam penilaian kepada  Pemkot Bontang, dan mengantarkannya sebagai nominasi peraih Piala Adipura.

Rencananya, setibanya di kota Bontang, Piala Adipura dan penghargaan lainnya akan diarak konvoi dengan kendaraan berkeliling di jalan protokol Kota Bontang dimulai dari Tugu Selamat Datang Kota Bontang.(*)

Jurnalis : Kusnadi
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : Bontang TIMES

Komentar

Loading...
Registration