Kamis, 21 Maret 2019
Peristiwa - Daerah

45 Rumah Rusak Akibat Terjangan Puting Beliung di Wajak, Kabupaten Malang

45 Rumah Rusak Akibat Terjangan Puting Beliung di Wajak, Kabupaten Malang Salah satu rumah warga yang atapnya rusak akibat diterjang angin puting beliung. (FOTO: Istimewa)
Senin, 14 Januari 2019 - 21:19

TIMESINDONESIA, MALANG – Bencana alam angin puting beliung menerjang beberapa desa, di Kecamatan Wajak, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Senin (14/1/2019) petang yang mengakibatkan sedikitnya 45 unit rumah mengalami kerusakan.

Akibat bencana itu, kerugian ditaksir lebih dari Rp 100 juta. Selain merusak rumah warga, angin kencang juga menumbangkan banyak pohon serta merusak lahan pertanian.

Tidak hanya itu, sebuah gudang produksi peti kayu dan sebuah kandang ayam juga mengalami kerusakan.

BPBD Kabupaten Malang dibantu PMI serta Tagana Dinsos Kabupaten Malang sedang membantu warga melakukan evakuasi terhadap rumah yang mengalami kerusakan.

“Sebagian rumah yang mengalami kerusakan ringan saat ini sudah diperbaiki secara mandiri bersama relawan serta masyarakat dan perangkat desa,” ujar anggota Tagana Dinsos Kabupaten Malang, Ali Usman kepada TIMES Indonesia.

Lebih lanjut dia menjelaskan, ada dua desa yang mengalami kerusakan parah akibat puting beliung. Yakni Desa Beringin dan Desa Kidangbang yang berada di Kecamatan Wajak.

“Untuk Tagana fokus melakukan evakuasi di Desa Bringin. Sedangkan PMI berkosentrasi menangani di Desa Kidangbang,” jelasnya.

Sementara itu, Kasubsi Penanggulangan Bencana Alam, Muji Utomo menjelaskan, mayoritas kerusakan ada pada atap rumah milik warga.

“Genteng serta atap rumah beterbangan akibat diterjang angin kencang. Saat ini kami tengah membantu masyarakat beserta unsur BPBD, TNI dan Polri melakukan gotong royong evakuasi material rumah yang mengalami kerusakan,” katanya.

Lebih lanjut dia menjelaskan, saat ini pihaknya terus melakukan pendataan dan pengecekan di lapangan. Karena diduga masih banyak rumah lainnya menjadi korban angin puting beliung.

“Sementara masih dua desa yang terdampak angin puting beliung. Kami masih terus melakukan pengecekan dan berkoordinasi dengan desa-desa yang ada di Wajak untuk memastikan kondisi terkini apakah ada lagi yang terdampak puting beliung atau tidak,” pungkas Kasubsi Penanggulangan Bencana Alam Kabupaten Malang ini. (*)

Jurnalis : Binar Gumilang
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Malang

Komentar

Loading...
Registration