Minggu, 24 Maret 2019
Peristiwa - Nasional

Upaya Pemberantasan Korupsi Masih Didominasi oleh KPK RI

Upaya Pemberantasan Korupsi Masih Didominasi oleh KPK RI KPK RI. (FOTO: Dok. TIMES Indonesia)
Senin, 14 Januari 2019 - 21:18

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Pengamat politik dari Universitas Al Azhar Ujang Komarudin menilai, Komisi Pemberantasan Korupsi RI (KPK RI) masih menjadi satu-satunya lembaga yang dinilai gencar melakukan pemberantasan korupsi.

Padahal, upaya pemberantasan korupsi tersebut seharusnya juga dilakukan oleh lembaga penegak hukum lainnya, seperti kepolisian dan kejaksaan.

"(Institusi lain) ini harus didorong, selama ini kan bukan tidak bekerja tapi agak kurang kinerjanya dalam pemberantasan korupsi," kata Ujang saat dihubungi TIMES Indonesia, Senin (14/1/2019).

Ujang tak menampik jika di era pemerintahan Jokowi-JK saat ini ada peningkatan dalam upaya pemberantasan korupsi. Hal itu dibuktikan dengan banyaknya para koruptor yang telah ditangkap.

Namun, upaya penegak hukum dalam memberantas kejahatan luar biasa ini masih belum sesuai dengan harapan masyarakat.

"Berbeda dengan KPK. Jadi memang harus mendorong polisi dan Kejaksaan agar lebih giat lagi dalam pemberantasan korupsi sebagaimana yang dilakukan KPK," tukasnya.

Apalagi polisi dan kejaksaan merupakan lembaga penegak hukum permanen. Tetapi lanjut Ujang, justru KPK RI lah yang selama ini banyak mengatasi kasus-kasus korupsi oleh penjabat dan petinggi negara.

"Padahal KPK RI ini ad hoc. Mereka terbentuk karena tidak tegaknya proses hukum oleh institusi lain. Oleh karena itu saatnya sekarang mendorong pihak Kejaksaan dan Kepolisian, paling tidak berimbang dengan KPK RI (dalam pembertantasan korupsi) sehingga Indonesia bisa bersih," pungkasnya.

Jurnalis : Rahmi Yati Abrar
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Jakarta

Komentar

Loading...
Registration