Kamis, 21 Maret 2019
Peristiwa - Daerah

90 Persen 'Putra Daerah' Lolos CPNS Kabupaten Madiun

90 Persen 'Putra Daerah' Lolos CPNS Kabupaten Madiun Sekretaris BKD Kabupaten Madiun, Sigit Budiarto (Foto: Ervan/TIMES Indonesia)
Senin, 14 Januari 2019 - 21:46

TIMESINDONESIA, MADIUN – Sebanyak 331 CPNS Kabupaten Madiun, yang lolos Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB), 90 persen-nya merupakan putra daerah atau warga Kabupaten Madiun

Rincian yang lolos tersebut terdiri dari 192 orang formasi guru, 83 medis, 50 teknis, dan 6 guru eks honorer K-2. "90 persen warga Kabupaten Madiun sisanya daerah tetangga," kata Sigit Budiarto, Sekretaris Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Madiun, Senin (14/1/2019) di kantornya.

Diketahui, Badan Kepegawaian Negara (BKN) telah mengumumkan 331 peserta lolos Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) dari total jatah 349 akhir Desember 2018. Mereka juga telah melakukan pemberkasan selama tiga hari melalui BKD Kabupaten Madiun. Hari pertama pemberkasan dilakukan 57 peserta, hari kedua 155 peserta dan hari ketiga 119 peserta.

"Berkas yang mereka upload kita cocokkan, apakah sudah sesuai ketentuan. Kemudian kita ajukan ke Sistem Aplikasi Pelayanan Kepegawaian (SAPK) BKN lengkap atau batal," kata Sigit.

Dia mengungkapkan tiga kali pemberkasan itu dimulai dari lembaganya. Pihaknya mencocokkan berkas identitas diri yang dikirimkan lewat SAPK dengan riilnya. Serta memverifikasi penambahan surat keterangan bebas narkoba hingga berkelakuan baik.

Rekomendasi tidak memenuhi syarat (TMS) bakal diberikan ketika didapati ada ketidaksesuaian. Misalnya, identitas nama dan akreditasi program studi (prodi). BKN akan melakukan pengecekan ulang hasil verifikasi di daerah.

"Ketika check list tidak ada permasalahan maka  perkembangan teknisnya adalah penerbitan NIP dan SK CPNS," jelas Sigit.

Rangkaian pemberkasan ditargetkan selesai akhir bulan ini. Namun, sebelum bertugas dinas, perlu menjalani diklat prajabatan, pembentukan pendidikan karakter, hingga masa orientasi.

"Kita sudah sampaikan ke mereka (331 CPNS) bahwa BKD hanya sebagai teknis dan yang berhak memutuskan atau verifikasi adalah BKN," tegas Sigit Budiarto, Sekretaris BKD Kabupaten Madiun terkait CPNS Kabupaten Madiun.(*)

Jurnalis : Ervan Marwantaka (MG-55)
Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Madiun

Komentar

Loading...
Registration