Selasa, 22 Januari 2019
Peristiwa - Daerah

Gagalkan Pencurian dan Penyelundupan WNA, Dua Satpam Tuban Bumi Wali Dapat Penghargaan

Gagalkan Pencurian dan Penyelundupan WNA, Dua Satpam Tuban Bumi Wali Dapat Penghargaan Upacara dalam rangka HUT SATPAM Ke-38 tahun 2018 di halaman Mapolres Tuban Bumi Wali The Spirit Of Harmony, Senin (14/01/2019) (FOTO: Agus Humas Pemkab Tuban For TIMES Indonesia)
Senin, 14 Januari 2019 - 20:29

TIMESINDONESIA, TUBAN – Dua orang anggota dari dua ratus anggota Satuan Pengamanan (Satpam) mendapat penghargaan dari Polres Tuban Bumi Wali, The Spirit Of Harmony, Senin (14/1/2019). Penghargaan itu diberikan atas prestasi menggagalkan pencurian dan penyelundupan WNA.

Kedua satpam itu semuanya dari perusahaan Semen yang ada di Tuban. Penghargaan tersebut diberikan atas kerja satpam yang berhasil menggagalkan pencurian kabel tembaga dan penyelundupan Warga Negara Asing (WNA) pada 2018.

TIMES-Indonesia-Upacara-dalam-rangka-HUT-SATPAM-Tuban-3.jpg

Penyerahan penghargaan itu diberikan saat Upacara dalam rangka HUT SATPAM Ke-38 tahun 2018 di halaman Mapolres Tuban Bumi Wali The Spirit Of Harmony.

Kepala Pengadilan Negeri Tuban, Darius Naftalih, S.H., sebagai Inspektur upacara membacakan amanat Kapolri. Menurut Kapolri, momen ini menjadi sarana evaluasi atas eksistensi satpam. Sekaligus menjadi medium pembenahan dan penyempurnaan dalam pelaksanaan tugas di masa yang akan datang.

Terkait Pemilu serentak tahun 2019, p Kapolri menyampaikan perlunya mengantispasi adanya potensi gangguan, baik dalam tahap kampanye, pemungutan, penghitungan, maupun rekapitulasi suara. Diantaranya potensi pemanfaatan isu SARA dan politik identitas, serta penyebaran hoaks dan hatespeech yang berpotensi terhadap timbulnya konflik sosial.

TIMES-Indonesia-Upacara-dalam-rangka-HUT-SATPAM-Tuban-2.jpg

Hal tersebut selaras dengan tema 'Pemuliaan Profesi Satpam Indonesia guna Mendukung Polri dalam Pengamanan Pemilu Tahun 2019'.

"Polri perlu dukungan dan peran aktif dari seluruh komponen masyarakat, termasuk Satpam sebagai profesi yang luhur dalam mengemban tugas dan fungsi kepolisian secara terbatas pada lingkungan kerjanya," ucap Darius membacakan amanat Kapolri.

Satpam sebagai mitra Polri harus meningkatkan profesionalisme, melalui peningkatan kewaspadaan dan pencegahan dini guna menjamin keamanan. Di samping itu, Satpam berperan dalam pengamanan dan peningkatan investasi industri.

"Karenanya, perlu peningkatan SDM dan kompetensi satpam dari segala tingkatan," kata Darius.

Kapolri juga berpesan kepada Satpam  untuk senantiasa  menjaga kehormatan diri dengan menerapkan kode etik dan bersikap waspada. Juga meningkatkan kompetensi diri dan bersinergi dengan polri dan elemen keamanan masyarakat.

Kegiatan ini dihadiri Kapolres Tuban, Ketua Pengadilan Negeri, Wakil Ketua DPRD, dan Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Tuban. (*)

Jurnalis : Safuwan
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Tuban

Komentar

Loading...
Registration