Ekonomi

Hermawan Kartajaya: Entrepreneur Jangan Mudah Menyerah

Senin, 14 Januari 2019 - 20:56 | 66.82k
Menteri Pariwisata Arief Yahya, Sekretaris Kementerian Koperasi Dan UKM Meliadi Sembiring, Founder & Chairman Markplus Hermawan Kartajaya berfoto bersama dengan para Startup Academy dalam acara Wonderful Startup Academy Batch 2 (FOTO: Kemenkop dan UKM)
Menteri Pariwisata Arief Yahya, Sekretaris Kementerian Koperasi Dan UKM Meliadi Sembiring, Founder & Chairman Markplus Hermawan Kartajaya berfoto bersama dengan para Startup Academy dalam acara Wonderful Startup Academy Batch 2 (FOTO: Kemenkop dan UKM)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Staf Khusus Menkop dan UKM RI, Hermawan Kartajaya menegaskan menjadi entrepreneur atau wirausahawan jangan sekali-kali gampang menyerah bila usahanya gagal atau lamban berkembang.

"Coba dan coba lagi dengan pembaruan disana sini. Dan seorang entrepreneur harus berani ambil resiko," kata Hermawan dalam Wonderful Startup Academy Batch ll, Jakarta, Senin (14/1/2019).

Entrepreneur lanjut Hermawan, juga harus teliti dan visioner. Ia tahu akan adanya resiko dan ia memperhitungkan semua risiko itu.  

Ia mengatakan saat ini banyak orang berlomba-lomba menjadi entrepreneur, namun banyak juga yang gagal ditengah jalan karena tidak tahu ilmunya.  "Jika anda ingin jadi entrepreneur, anda harus tahu ilmunya," tambahnya.

Ia melanjutkan, ilmu entrepreneur bukanlah ilmu rahasia dan dapat diperoleh dimana saja jika seseorang mau belajar.

Selain itu, ia juga meyakinkan, entrepreneur tidak harus punya modal besar. Namun, kuncinya adalah  niat dan tekat. "Ketika anda dapat menjual ide anda ke orang lain, sehingga kedua belah pihak saling diuntungkan. Itu juga entrepreneur," tambahnya.

Acara Wonderful Startup Academy Batch ll itu sendiri dibuka oleh Menteri Pariwisata RI Arief Yahya. Hadir dalam acara itu Sekretaris Kemenkop dan UKM RI Meliadi Sembiring, Dean of Wonderful Startup Academy, Hiramsyah S Thalib.

Dalam sambutannya Menpar Arief Yahya mengatakan  dunia pariwisata saat ini  mau tak mau harus mempertimbangkan generasi milenial sebagai pasar utama saat ini.

"Mereka itu jumlahnya jutaan dan itu sudah ada di depan mata kita. Selera mereka juga variatif, karena itu segmentasi pasar yang paling baik saat ini adalah dengan tidak melakukan segmentasi pasar," katanya.

Wonderful Startup Academy Batch ll ini adalah kedua kalinya setelah yang pertama digelar 2018. 

Pesertanya juga meningkat 70 persen dari 180 menjadi 309 startup dari seluruh Indonesia. Dari jumlah itu akan dipilih 3 pemenang yang akan difasilitasi untuk dikembangkan.

Wonderful Startup Academy adalah program pengembangan startup business yang bergerak pada sektor pariwisata di Indonesia, hasil kolaborasi antara Kementerian Pariwisata, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah dan ICSB Indonesia. Salah satu tujuan program ini adalah menciptakan ekosistem agar Indonesia menjadi destinasi wisata utama mancanegara.

Pada Wonderful Startup Academy Batch ll, Staf Khusus Menkop dan UKM RI, Hermawan Kartajaya yang juga pakar pemasaran dan entrepeneur ini, hadir dalam acara tersebut. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Jakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES