Politik

Surat Al Fatihah Jadi Materi Wajib Tes Baca Al Quran Capres dan Cawapres

Senin, 14 Januari 2019 - 20:14 | 48.06k
Ketua Ikatan Dai Aceh (IDA) Tengku Marsyuddin Ishak di Posko Cemara, Menteng, Jakarta Pusat. (FOTO: Hasbullah/TIMES Indonesia).
Ketua Ikatan Dai Aceh (IDA) Tengku Marsyuddin Ishak di Posko Cemara, Menteng, Jakarta Pusat. (FOTO: Hasbullah/TIMES Indonesia).

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Ketua Ikatan Dai Aceh (IDA), Tengku Marsyuddin Ishak mengatakan materi wajib untuk tes baca Al Quran bagi pasangan capres dan cawapres. Salah satunya, adalah materi tes baca Surat Al Fatihah. 

Kata dia, membaca Surat Al Fatihah menjadi salah satu materi penting dalam tes baca Al Quran nanti. Marsyuddin juga menyebut kemampuan membaca surat pendek akan diujikan kepada masing-masing paslon.

"Namun demikian kami masih membuka peluang wacana-wacana lain, surat-surat lain dari beberapa tokoh, ulama yang mungkin akan kita musyawarahkan di kemudian hari," ujarnya usai bertandang ke Posko Cemara, Jakarta Pusat, Senin (14/1/2019).

Di sisi lain, Marsyuddin menegaskan pihaknya enggan berandai-andai soal keikutsertaan kedua pasangan calon. Sebab, hingga hari ini pihaknya belum menerima jawaban resmi dari kedua pihak.

"Bisa kami sampaikan bahwa dari pihak TKN tadi, menyampaikan kepada kami Bapak Jokowi dan Kiai Ma'ruf, Insha Allah bersedia hadir ke Aceh untuk melakukan tes uji baca Al Quran," tutur dia. 

Namun demikian, pihaknya tetap menunggu surat resmi dari TKN untuk kemudian dipublikasikan kepada masyarakat Aceh hingga akhir bulan Januari 2019. 

Sebelum ke Posko TKN duet Jokowi-KH Ma'ruf Amin, pagi tadi Marsyuddin bersama rombongan Ikatan Dai Aceh (IDA) menyambangi markas BPN duet Prabowo-Sandi.

"Tadi dari pihak 02 di BPN ini akan dimusyawarahkan kembali. Nanti hasilnya akan disurati ke kami jawabannya. Jadi dalam hal ini, kami tidak mau berandai-andai, kami tunggu dulu," ujar Marsyuddin.

Lebih dari itu, ia menyampaikan masyarakat Aceh menilai kemampuan baca Alquran merupakan hal yang sangat penting bagi pemimpin. Sehingga, hal itu menjadi salah satu kriteria bagi masyarakat Aceh untuk menentukan pemimpin.

"Bagi kami Muslim, kemampuan baca Al Quran ada sisi pentingnya," tandas Tengku Marsyuddin Ishak, Ketua Ikatan Dai Aceh (IDA) seusai menemui dan meminta jawab TKN duet Jokowi-KH Ma'ruf Amin ihwal undangan tes baca Al Quran bagi pasangan kandidat Pilpres 2019. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Jakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES