Ekonomi

Deputi Gubernur BI: Perekonomian Tahun 2019 Stabil

Deputi Gubernur BI: Perekonomian Tahun 2019 Stabil Deputi Gubernur Bank Indonesia, Sugeng. (FOTO: Imadudin M/TIMES Indonesia)
Senin, 14 Januari 2019 - 20:35

TIMESINDONESIA, MALANGDeputi Gubernur BI (Bank Indonesia), Sugeng menyampaikan kondisi perekonomian Indonesia akan stabil di tahun 2019. Sugeng memprediksi rupiah akan bergerak stabil sesuai mekanisme pasar.

"Pertumbuhan ekonomi yang cukup baik di tahun 2018 diperkirakan meningkat di tahun 2019 yang ditopang oleh kuatnya permintaan domestik, baik konsumsi maupun investasi," kata Sugeng, Senin (14/1/2018).

Ia menyebutkan bahwa inflasi yang rendah pada tahun 2018 akan tetap terkendali sesuai sasaran 3,5+1 persen di tahun 2019. Namun, dampak perekonomian global masih akan diterima Indonesia. 

Ia mengatakan perekonomian global tumbuh tidak merata dan penuh ketidakpastian. Kondisi ini diperkirakan masih akan berlanjut pada tahun 2019. Ia mengatakan ada tiga hal penting yang perlu dicermati. Pertama, pertumbuhan ekonomi dunia yang cukup tinggi pada tahun 2018, dan kemungkinan masih akan terjadi pada tahun 2019.

Kedua, kenaikan suku bunga bank sentral Amerika Serikat akan diikuti oleh normalisasi kebijakan moneter di Uni Eropa dan negara-negara maju lainnya. Ketiga, ketidakpastian di pasar keuangan global mendorong tingginya premi risiko investasi ke negara-negara emerging markets.

"Ketiga hal tersebut mendorong kuatnya mata uang dolar AS, dan membuat pelemahan mata uang negara-negara emerging markets, termasuk Indonesia," terangnya.

Terkait perekonomian Indonesia, Deputi Gubernur BI, Sugeng juga menyampaikan stabilitas rupiah berjalan stabil lebih aman. Stabilitas ini didukung sistem keuangan terjaga, dan kenaikan kredit akan berlanjut di tahun 2019 dengan likuiditas yang cukup, serta pembiayaan pasar modal yang juga akan meningkat. (*)

Jurnalis : Imadudin Muhammad
Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Malang

Komentar

Loading...
Registration