Peristiwa Daerah

HUT Ke-231 Kota Denpasar, Pemkot akan Perkenalkan Sejarah Kota Denpasar

Senin, 14 Januari 2019 - 19:27 | 354.71k
Sekda Kota Denpasar AAN Rai Iswara saat memimpin Rapat Persiapan HUT ke-231 Kota Denpasar di Ruang Praja Utama Kantor Walikota Denpasar Senin (14/1/2019).(FOTO: Istimewa/TIMES Indonesia).
Sekda Kota Denpasar AAN Rai Iswara saat memimpin Rapat Persiapan HUT ke-231 Kota Denpasar di Ruang Praja Utama Kantor Walikota Denpasar Senin (14/1/2019).(FOTO: Istimewa/TIMES Indonesia).

TIMESINDONESIA, DENPASAR – Guna memperkenalkan sejarah Kota Denpasar sebagai tonggak penting peradaban, pada HUT ke-231 Kota Denpasar tahun ini, Pemkot di bawah kepemimpinan Wali Kota IB Rai Dharmwijaya Mantra bersama IGN Jaya Negara, akan melakukan beragam kegiatan yang dapat dinikmati seluruh komponen masyarakat Denpasar.

Rapat persiapan serangkaian HUT Kota di Ruang Praja Utama Kantor Walikota Denpasar Senin (14/1/2019) digelar dan dipimpin langsung Sekda Kota Denpasar AAN Rai Iswara didampingi Asisten I Setda Kota Denpasar Made Toya dan Asisten III Setda Kota Denpasar IGN Eddy Mulya. Serta melibatkan yang diikuti seluruh pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Staf Ahli Kota Denpasar .

Dalam kesempatan itu. Rai Iswara mengatakan, HUT ke-231 tahun agar tidak hanya dirayakan oleh kalangan Apatur Sipil Negara Pemerintah Kota Denpasar saja. Melainkan masyarakat Kota Denpasar juga harus ikut merayakannya. Oleh sebab itu, dalam rapat itu, Rai Iswara meminta agar seluruh ASN untuk memikirkan pelaksanaan HUT Kota Denpasar tahun ini.

‘’Kami semua berharap HUT ke 231 tahun ini dapat dinikmati seluruh masyarakat Kota Denpasar dalam suasana gembira,’’ harapnya.

Lebih lanjut Rai Iswara mengatakan, untuk dinikmati masyarakat OPD harus membuat berbagai langkah. Salah satunya adalah mendorong semua camat membuat surat edaran agar masyarakat Desa dan Kelurahan untuk membuat suatu kegiatan menyambut HUT Kota.

‘’Dengan demikian semarak HUT ke-231 Kota Denpasar dapat dirasakan oleh masyarakat sekaligus jadi momentum memperkenalkan sejarah terbentuknya Kota Denpasar hingga ke elemen masyarakat terbawah,’’ ujarnya.

Sementara itu Kabag Humas dan Protokol Setda Kota Denpasar Dewa Gede Rai mengatakan, HUT ke- 231 Kota Denpasar selain ASN juga harus di rayakan oleh masyarakat Kota Denpasar.

Karena ini adalah ulang tahunnya Denpasar bukan pemerintahannya. Agar HUT Kota Denpasar nampak meriah Dewa Rai menyarankan agar Pemerintah Kota Denpasar membuat sebuah Festival di satu tempat seperti di titik nol Kota Denpasar. Selain itu juga perlu dibuatkan logo sehingga mudah diinformasikan di media masa maupun elektronik.

“Dengan digelar Festival HUT Kota Denpasar maka semaraknya akan dirasakan oleh masyarakat Denpasar,’’ ujarnya.

Sementara Asisten III Setda Kota Denpasar IGN Eddy Mulya mengatakan, HUT ke-321 Kota Denpasar setiap Desa maupun kelurahan harus dilaksanakan lomba inovasi dan kreatifitas. Dengan lomba inovasi ini Pemerintah semakin gampang ketika diperlukan berbagai inovasi.

Tidak hanya itu, Eddy Mulya juga berharap agar Pameran Pelayanan Publik yang dilaksanakan setiap HUT Kota agar menampilkan inovasi-inovasi menarik. ‘’Sehingga masyarakat akan tertarik untuk mengunjunginya,’’ ujarnya.

Untuk diketahui, Kota Denpasar baru terbentuk pada 27 Pebruari 1992 namun dari Kota Denpasar pada tahun 2019 ini telah berusia 231 tahun. Hasil penelitian yang dilakukan tim Sejarah Kota Denpasar, nama Denpasar telah ada sejak tahun 1788, hal ini ditandai dengan berdirinya Puri Denpasar.

Denpasar berarti sebelah Utara Pasar. Puri Denpasar adalah sebuah Puri yang berada di Utara Pasar. Puri Denpasar adalah pusat kerajaan Badung di bawah pemerintahan Raja I Gusti Made Ngurah. Fakta ini memberi petunjuk bahwa telah lahir sebuah komunitas masyarakat yang berpusat di Puri Denpasar.

Sejarah ini yang mendasari peringatan HUT Ke-231 Kota Denpasar pada tahun ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Bali

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES