Kuliner

Kelan Ikan Sembilang Pak Kasan di Gresik Diburu Pecinta Kuliner

Senin, 14 Januari 2019 - 17:04 | 367.43k
Kelan Sembilang Pak Kasan (Foto: Akmal/TIMES Indonesia).Salah seorang pecinta kuliner saat menikmati kelan kepala sembilang (Foto: Akmal/TIMES Indonesia).
Kelan Sembilang Pak Kasan (Foto: Akmal/TIMES Indonesia).Salah seorang pecinta kuliner saat menikmati kelan kepala sembilang (Foto: Akmal/TIMES Indonesia).

TIMESINDONESIA, GRESIK – Kuliner olahan kelan Sembilang Pak Kasan sudah tak asing lagi dimata pecinta kuliner. Meski jarak rumah makan berada 30 km dari Kota Gresik, olahan ikan laut itu diburu pecinta kuliner.

Berada di Desa Mengare, Kecamatan Bungah, kelan Sembilang Pak Kasan tak pernah sepi dari penggemarnya. Tak hanya warga biasa, kudapan lezat itu juga digemari para penjabat hingga turis mancanegara.

Kelan-Sembilang-Pak-Kasan-2.jpg

Olahan kelan sembilang sendiri sepintas seperti asam-asam kelo kuning. Memang terlihat tidak jauh berbeda dengan asam-asam atau gulai. Namun warga Gresik biasa menyebutnya kelan atau keloan.

"Di sini hanya menjual kelan sembilang saja. Kalau yang paling laris di bagian kepalanya sembilang. Itu banyak diburu pecinta kuliner," ungkap Kasan pemilik warung, Senin (14/1/2019) siang.

Kasan membeberkan, dalam sehari dia bisa menjual ratusan porsi kelan sembilang. Dia menyebut, olahan kuliner ini banyak diburu penggemar karena keunikan rasanya yang memadukan antara asam, gurih dan pedas.

"Perpaduan rasanya khas Gresik ada asam dan pedas. Ditambah lagi bumbu rempah-rempah yang membuat lezat," ungkapnya.

Selain masakannya yang menaklukkan lidah, suasana warung makan tersebut menyuguhkan nuansa alam karena letaknya yang berada di tengah-tengah tambak dan persawahan.

Sehingga semakin membuat pengunjung merasa betah. Tidak sedikit pengunjung yang mengaku, ingin kembali mencicipi kelan sembilang di warung tersebut.

"Selain rasanya enak dan maknyus. Suasannya disini enak. Adem juga nuansa alamnya terasa karena pinggir sawah dan tambak," ungkap salah satu penggemar kelan sembilang, Antonis Suyitno.

Untuk mendapatkan kudapan lezat itu, warung kelan sembilang Pak Kasan di Gresik itu mematok harga yang terjangkau. Seporsi kelan sembilang dan nasi hangat hanya berkisar Rp 25 ribu hingga Rp 45 ribu tergantung besar dan kecilnya kepala ikan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Gresik

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES