Jum'at, 22 Februari 2019
Pendidikan

Komitmen Bina UMKM, Agrimart Polbangtan Malang Rilis Opak Gambir

Komitmen Bina UMKM, Agrimart Polbangtan Malang Rilis Opak Gambir Opak Gambir, produk UMKM Desa Wonorejo siap dipasarkan di gerai Agrimart Polbangtan Malang. (FOTO: Humas Polbangtan Malang for TIMES Indonesia)
Minggu, 13 Januari 2019 - 12:05

TIMESINDONESIA, MALANG – Gerai Agrimart Polbangtan Malang merilis Opak Gambir, produk jajanan khas UMKM (usaha mikro kecil menengah) Desa Wonorejo, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang. Peluncuran produk khas ini merupakan wujud komitmen membina UMKM, khususnya di desa mitra binaan Polbangtan Malang.

Agrimart yang dikelola mahasiswa Polbangtan Malang mengenalkan Opak Gambir sebagai karya UMKM, sebagaimana konsep yang diusung.

"Ini salah satu upaya untuk menunjukkan bukti keperpihakan pada produk UKM yang berada di sekitar kampus," kata Dr. Novita Dewi Kristanti, M.Si, Wakil Direktur III Polbangtan Malang, Sabtu (12/1/2019).

Sebelumnya, sekelompok pemuda dari Desa Wonorejo berkonsultasi mengenai pengembangan Opak Gambir, salah satu produk UMKM desa setempat.

UMKM-Desa-Wonorejo.jpgKunjungan Pemuda perwakilan UKM Desa Wonorejo ke Polbangtan Malang, Jumat (11/1/2019).

Dalam konsultasi tersebut, perwakilan pemuda ini berharap Polbangtan Malang bisa menjadi mitra dalam mengenalkan produk opak gambir kepada masyarakat, terutama dalam hal peningkatan performa produk.

“Kami sangat senang dan berterima kasih atas kesempatan yang baik ini, semoga dengan bermitra seperti ini, produk kami semakin berkualitas dan pasarnya semakin luas,” tutur Halim, perwakilan pemuda dari Desa Wonorejo, Jumat (11/1/2019) di kampus Polbangtan Malang.

Merespon permintaan pemuda tersebut, Novita menjelaskan, agrimart memang menyediakan display khusus bagi produk UMKM, terutama yang menjadi desa mitra binaan Polbangtan Malang.

"Tentu tidak hanya membantu pemasarannya tapi pengembangan performa produknya juga. Hal ini penting untuk mendukung proses pembelajaran mahasiswa dalam membangun jejaring mitra wirausaha,” papar Novita.

Opak Gambir cukup populer sebagai produk unggulan UMKM Desa Wonorejo. Namun tetap diperlukan perluasan segmen pasar agar berdampak pada peningkatan kesejahteraan pelaku UMKM. Untuk itu, kata Novita, Polbangtan Malang melalui agrimart berkomitmen untuk membantu pengembangan produk UMKM tersebut. (*)

Jurnalis : Ferry Agusta Satrio
Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : TIMES Malang

Komentar

Loading...
Registration