Politik

Hari HAM Nelayan dan Masyarakat Sipil, Muhamad Nasir Siap Perjuangkan Nasib Nelayan

Sabtu, 12 Januari 2019 - 18:54 | 117.24k
Caleg DPR RI Dapil Riau II, Muhamad Nasir (Foto: Antara/ Yudhi Mahatma)
Caleg DPR RI Dapil Riau II, Muhamad Nasir (Foto: Antara/ Yudhi Mahatma)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Bertepatan dengan hari HAM nelayan dan Masyarakat sipil yang jatuh pada Sabtu (12/1/2019), Muhamad Nasir, Caleg DPR RI Dapil Riau II menegaskan, dirinya siap memperjuangkan nasib nelayan dengan mendorong dan memastikan kebijakan pemerintah yang pro terhadap nasib nelayan. 

"Insyaallah kedepan ini akan menjadi salah satu fokus saya. Bagaimanapun negara harus hadir untuk mereka yang berprofesi sebagai nelayan dengan kebijakan pemerintah yang pro dan menguntungkan nelayan, khususnya mereka yang ada di Inhi, Inhu, Kampar, dan Pelalawan umumnya semua nelayan di nusantara" ungkap M Nasir, Jakarta, Sabtu (12/1/2019).

Caleg dari Partai Demokrat yang merupakan tokoh masyarakat Riau ini, juga menambahkan siap memajukan kesejahteraan masyarakat nelayan dengan melakukan pembinaan secara masif dan pengembangan pengolahan produk hasil tangkap nelayan.

"Kita akan lakukan inovasi disektor hasil laut. Sehingga nelayan bisa menjual hasil tangkap mereka dengan bentuknya yang sudah di olah" jelasnya.

Sebagai negara dengan garis pantai terpanjang di dunia membuat masyarakat Indonesia menggantungkan hidupnya di laut. Mereka yang tinggal di pesisir pantai memilih untuk menjadi nelayan sebagai mata pencariannya.

Kabupaten Inhi sendiri menjadi daerah dengan nelayan terbanyak di Provinsi Riau. Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) 9.287, kemudian disusul dengan Rokan Hilir (Rohil) dengan 7.636 nelayan, lalu Kabupaten Bengkalis 7.459 nelayan, Kabupaten Kampar 4.100 nelayan, Kepulauan Meranti 2.604 dan Kabupaten Pelalawan dengan berjumlah 1.996 nelayan.

Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Riau, Tien Mastina M.Si melalui Bagian Perikanan Tangkap Sabaruddin menjelaskan, pembinaan terhadap para nelayan terus dilakukan. Baik oleh Pemerintah Provinsi maupun Kabupaten/Kota sesuai dengan kewenangan dan tugas masing-masing.

Oleh karena itu, Muhamad Nasir akan memperjuangkan kesejahteraan nelayan yang ada di Indragiri Hilir sebagai program utama dirinya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES