Ekonomi

Terkait BPNT, Ini Plus Minus di Mata Petani Bondowoso

Terkait BPNT, Ini Plus Minus di Mata Petani Bondowoso ILUSTRASI: (FOTO: Antara)
Sabtu, 12 Januari 2019 - 16:20

TIMESINDONESIA, BONDOWOSO – Adalah Syaiful, salah seorang petani di Kabupaten Bondowoso. Dia berkomentar tentang BPNT (Bantuan Pangan Non Tunai) yang diselenggarakan oleh pemerintah.

Menurutnya, tujuan program ini adalah untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat miskin dan pra sejahtera yang ada di Indonesia, termasuk di Bondowoso

Ia mengaku, program tersebut memiliki manfaat dalam meningkatkan ketahanan pangan di masyarakat sebagai bagian dari perlindungan sosial.

“Manfaat lain yang diperoleh dari program BPNT ini adalah meningkatkan pertumbuhan ekonomi di daerah, terutama usaha mikro di bidang perdagangan, serta dapat membuka akses kemandirian bagi para petani di daerah,” katanya.

Sebagai petani, ia melihat sisi baik dari program BPNT ini, termasuk salah satunya keuangan di daerah bisa lebih merata.

Namun demikian, kata dia, dengan program yang baik itu, petani tidak diberi kesempatan untuk membantu pemerintah dalam menyediakan bahan pangan berupa beras secara mandiri dalam rangka meningkatkan pendapatan petani di daerah.

Ia menegaskan bahwa fakta didapati di beberapa daerah, bank penyalur yang seharusnya memiliki tugas sebagai penyalur dana justru mengambil alih tugas dari agen penyalur, yang semestinya menjadi mitra petani dan peternak di daerah untuk menyediakan bahan pangan program tersebut.

Jurnalis : Moh Bahri
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : TIMES Bondowoso

Komentar

Loading...
Registration