Peristiwa Nasional

Menteri LHK RI Tegaskan Tiga Langkah Upaya Pemulihan Bencana Lingkungan

Sabtu, 12 Januari 2019 - 16:04 | 18.62k
Menteri LHK RI, Siti Nurbaya. (FOTO: Rizki Amana/TIMES Indonesia)
Menteri LHK RI, Siti Nurbaya. (FOTO: Rizki Amana/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI (Menteri LHK RI), Siti Nurbaya menegaskan tiga hal penting dalam upaya pemulihan bencana lingkungan, yakni pengurangan resiko dan ketahanan terhadap bencana (disaster risk reducation and resilience), respons/tanggap darurat (emergency response), serta pemulihan awal dan pemulihan jangka panjang (early recovery and recovery). 

"Dampak dari sebuah bencana alam dapat menimpa manusia dan lingkungan. Bisa jadi manusia menjadi penyebab bencana lingkungan, atau sebaliknya lingkungan memberikan bencana kepada manusia. Untuk itu kita harus mereduksi resiko bencana, merespon dengan cepat, dan mempersiapkan pemulihan awal serta antisipasi dampak lebih lanjut yang terkadang lebih berbahaya bagi manusia maupun ligkungan," ucap Menteri LHK RI, Siti Nurbaya dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, Sabtu (12/1/2019).

Pada pengurang resiko bencana, Menteri Siti, mengingatkan bagaimana pengelolaan ekosistem dan sumber daya alam akan mampu mengurangi resiko bencana. Terlebih, Menteri Siti juga turut menyampaikan bahwa manusia juga harus dapat mengukur dan memonitor bencana terhadap kerusakan ekosistem dan sumber daya alam. 

Fase selanjutnya merupakan daya pemulihan bencana lingkungan adalah tanggap darurat dengan memberikan respon terhadap lingkungan dan manusia dari sebuah bencana. 

"Tidak hanya mematahkan potensi bencana, namun para ahli juga dapat berkontribusi pasca bencana untuk mengurangi berbagai resiko," jelas Menteri Siti.

Selanjutnya, pemulihan awal dan pemulihan jangka panjang. Tujuannya adalah membangun dan memulihkan kembali manusia dan lingkungan menjadi lebih baik setelah bencana. 

"Sering kali kita perlu memgantisipasi hal yang lebih buruk saat bencana telah berhenti. Misalnya, bagaimana kita merespon dan memulihkan sebuah lokasi bencana yang ternyata di situ juga terdapat banyak pabrik kimia. Jika tidak direspon dengan baik tentu menjadi ancaman serius bagi manusia dan lingkungan dalam jangka panjang," tandasnya. 

Oleh karena itu, Menteri LHK RI, Siti Nurbaya tiga langkah ini perlu dilakukan secara bersama antara lembaga, kemnterian dan stakeholder lainnya untuk merealisasikannya. Tiga langkah ini dinilai tepat dalam upaya pemulihan bencana lingkungan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : TIMES Jakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES