Ekonomi

Sumsel Kembangkan Pulau Maspari Jadi Tambak Pembenihan Ikan dan Wisata

Sabtu, 12 Januari 2019 - 15:38 | 197.37k
Pulau Maspari dari Udara (FOTO: Istimewa)
Pulau Maspari dari Udara (FOTO: Istimewa)

TIMESINDONESIA, BATAM – Kembangkan potensi pembenihan ikan dan wisata di Pulau Maspari di Kabupaten Ogan Komering Ilir, Wakil Gubernur Sumsel Ir H Mawardi Yahya melakukan kunjungan kerja ke Balai Budidaya Perikanan Laut (UPT) Kementerian Kelautan dan Perikanan RI yang ada di Kota Batam Kepulauan Riau, sejak Jumat (11/1/2019).

Kunjungan kerja Wakil Gubernur kali ini dampingi Wakil Ketua DPRD Sumsel Kartika Sandra Desi bersama Komisi II DPRD Sumsel Bidang Perekonomian dan Keuangan, serta Dinas terkait Provinsi dilingkungan Pemprov Sumsel.

Kepala Balai Budidaya Perikanan Laut (UPT) Kementerian Kelautan dan Perikanan RI Batam Kepulauan Riau, Toha Tusihadi menjelaskan, keberadaan Balai Budidaya Perikanan Laut (UPT) Kementerian Kelautan dan Perikanan RI Batam Kepulauan Riau bertanggung jawab langsung pada Direktur Jenderal Perikanan Budidaya Kementerian Kelautan dan Perikanan RI.

“Kami di sini menjalanakan tugas dan fungsi pokok yakni melakukan inovasi teknologi, menjalankan fungsi standarisasi, melakukan bimbingan teknis dan pendampingan, memproduksi bibit unggul serta Pemantuan dan Pengawalan lingkungan,” ucapnya.

Dia berharap akan terjalin kerjasama dengan Pemerintah Provinsi Sumsel terutama dengan jajaran Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumsel dengan harapan pertemuan yang telah dilakukan akan memberikan manfaat bagi kemajuan sektor perikanan di Sumsel.

Sementara itu, Wagub Sumsel Mawardi Yahya menuturkan, potensi perikanan di Sumsel masih sangat mungkin untuk dikembangkan. Bahkan dalam waktu dekat Pemprov akan memanfaatkan keberadaan Pulau Maspari untuk dijadikan lokasi pengembangan sektor perikanan tambak dan keramba.

“Pulau Maspari akan kita jadikan pulau sebagai lokasi pusat pembenihan baik ikan laut, udang dan lainnya yang akan dibawahi langsung Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumsel,”ungkapnya.

Di samping itu lanjutnya, di Pulau Maspari akan dibuatkan pos terpadu yang fungsinya untuk pemantauan lalu lintas angkutan baik kapal maupun aktivitas di laut lainnya. “Jika pulau itu sudah berkembang dengan baik, bukan tidak mungkin pulau ini nantinya akan menjadi lokasi wisata baru. Selain sebagai pusat pembenihan ikan,” katanya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Palembang

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES