Peristiwa Nasional

Menag Ajak ASN Tebarkan Nilai Positif Begini Penjelasannya

Sabtu, 12 Januari 2019 - 12:39 | 28.53k
Menag RI, Lukman Hakim. (FOTO: Dok. TIMES Indonesia)
Menag RI, Lukman Hakim. (FOTO: Dok. TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin ajak Aparatur Sipil Negara (ASN) agar selalu tebarkan nilai positif di ruang publik dan tidak ikut-ikutan menebar berita bohong apalagi penuh dengan caci maki, fitnah, dan lain sebagainya.

Dalam acara Sapa Penyuluh dan Ngobrol Pendidikan Islam (Ngopi) di Asrama Haji Bekasi Jakarta, Jumat (11/1/2019), Menag mengajak ASN untuk bisa mengambil peran menyebarkan nilai-nilai positif itu untuk mengatasi memanasnya situasi ruang-ruang publik memasuki tahun politik.

Menurutnya, menjelang pilpres dan pileg, ruang publik diisi dengan kontestasi ide dan gagasan dari para calon. “Berbagai aspirasi yang beragam itu dikontestasikan di ruang publik, sehingga munculnya konflik, sengketa, yang mana perbedaan anggota masyarakat ini semakin terbuka. Bahkan terkadang membawa-bawa agama,” katanya.

Karena itu ASN harus dapat mengambil peran untuk menyebarkan nilai positif di ruang publik. "Misalnya dalam bermedia sosial, saya berharap ASN Kemenag bisa mengirimkan nilai-nilai positif bagaimana semestinya beragama dalam masyarakat yang majemuk," ujar Menag.

ASN Kemenag, lanjutnya, juga harus bisa menyebarkan bagaimana moderasi beragama. Ini penting bagi ASN Kemenag untuk memperluas dan memperdalam wawasan keagamaan yang dimilikinya.

“Kita jangan ikut-ikutan mengisi atmosfir ruang publik melalui sosial media dengan aura negatif. Karena kalau banyak negatif yang mengisi ruang publik ini, maka setiap kita akan menghirup sesuatu yang negatif, maka akan berdampak buruk pula bagi kehidupan kita,” tambahnya.

Salah satu cara untuk menghentikan bertebarnya aura negatif di ranah media sosial menurut Menag adalah menyaring infomasi sebelum disebarkan.

“Kalau kita mendapatkan kiriman, postingan, atau meme atau apapun yang kita sendiri tidak yakin kebenarannya atau kita ragu, sudah, matikan di kita. Hentikan di kita. Kita tidak perlu menebarkan kebingungan kepada sesama kita. Justru mari kita tebarkan nilai positif,” tegas Menag di hadapan para ASN. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Widodo Irianto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES