Senin, 18 Februari 2019
Peristiwa - Nasional

Isu Komunisme dan PKI, Peneliti LIPI: Itu Diproduksi Untuk Memprovokasi Jokowi

Isu Komunisme dan PKI, Peneliti LIPI: Itu Diproduksi Untuk Memprovokasi Jokowi Peneliti Pusat Penelitian Politik LIPI, Irine Hiraswari Gayatri (FOTO: Edy Junaedi/TIMES Indonesia)
Sabtu, 12 Januari 2019 - 10:09

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Peneliti Pusat Penelitian Politik LIPI, Irine Hiraswari Gayatri, menilai isu PKI, Komunisme, dan banjirnya WNA asing di Indonesia sengaja di produksi untuk memprovokasi kepemimpinan Jokowi.

Hal itu dengan temukannya banyak video hoaks yang menurutnya tidak bisa dibuktikan kebenarannya serta data - datanya masih belum jelas.

"Bohong, mana buktinya. Itu videonya, dari siapa sumbernya, kapan diambil shooting, siapa di situ. Aku itu loh sudah menemukan banyak video dengan hoaks yang tidak bisa dipertanggung jawabkan kebenarannya," kata Irine saat di temui di Gado - Gado Boplo, Jakarta Selatan, Jumat 11 Januari 2019.

Menurutnya, ada empat akun medsos yang sekarang sangat mendominasi ladang penyebaran berita bohong isu tersebut diantaranya termasuk Facebook, Tweeter, Instagram dan WhatsApp. yang dimanfaatkan oleh oknum politik tertentu di musim pilpres.

Isu PKI, Komunis dan WNA itu diproduksi secara besar-besaran untuk dikonsumsi masyarakat. "Termasuk juga ditaruh di Facebook di taruh di tweeter, semua menjelek -jelekkan presiden. Kebenarannya tidak ada," ujar Irine.

Irine menyarankan, ke depan masyarakat  bisa lebih berhati-hati lagi dalam menerima informasi, apalagi langsung mengirim ulang ke setiap temannya di medsos, termasuk isu komunisme dan PKI. Tindakan itu bisa membahayakan bagi orang lain. "Membiasakan publik selalu belajar menyeleksi yang mana informasi yang benar dan mana yang salah agar tidak langsung share," ujar ketua Pusat Penelitian Politik LIPI itu. (*)

Jurnalis : Edy Junaedi Ds (MG-57)
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Jakarta

Komentar

Loading...
Registration