Senin, 18 Februari 2019
Gaya Hidup

Es Krim Memicu Kenaikan Berat Badan, Benarkah?

Es Krim Memicu Kenaikan Berat Badan, Benarkah? ILUSTRASI - Makan Es Krim (FOTO: Grid.ID)
Sabtu, 12 Januari 2019 - 05:53

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Memiliki rasa yang manis, es krim menjadi salah satu makanan yang menjadi favorit banyak orang. Es krim mengandung beberapa protein, kalsium dan sejumlah besar lemak dan gula, dengan jumlah kalori yang tak sedikit. Lantas, benarkah es krim bisa memicu kenaikan berat badan?

Karena itu, seperti dilansir dari Livestrong, es krim menjadi salah satu makanan yang bisa membuat berat badan Anda bertambah jika terlalu banyak dikonsumsi. 

Kalori dalam es krim rasa vanilla per 1/2 cangkir porsi adalah 137 ditambah 7,2 gram lemak, sekitar 4,5 gramnya merupakan lemak jenuh. 

Sementara untuk es krim cokelat, kalorinya 143 kalori dengan 7,3 gram lemak, yang 4,5 gram di antaranya adalah lemak jenuh. 

Kebanyakan kalori ini berasal dari gula tambahan dan kandungan lemak yang tinggi. Mengonsumsi makanan yang tinggi gula dan lemak secara teratur dapat menyebabkan kenaikan berat badan.

Agar terhindar dari kenaikan berat badan, sebaiknya Anda berhati-hati dalam memilih es krim. Pilihlah es krim yang rendah lemak, bebas lemak, atau bebas gula, yang akan membantu memuaskan hasrat Anda akan sesuatu yang manis, tetapi dengan lebih sedikit kalori. 

Satu setengah cangkir es krim vanila tanpa gula mengandung 137 kalori, sementara es krim cokelat rendah lemak memiliki 93 kalori per 1/2 cangkir sajian.

Meski es krim bisa membuat kenaikan berat badan, para peneliti dari Institute of Preventive Medicine di Denmark, menemukan bahwa kalsium yang ada pada es krim mungkin memiliki efek melangsingkan karena mengikat asam lemak di saluran pencernaan. (*)

Jurnalis :
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : Berbagai Sumber

Komentar

Loading...
Registration