Senin, 18 Februari 2019
Kesehatan

Waspada! Penyakit Ini Rentan Dialami Penderita Obesitas Morbid

Waspada! Penyakit Ini Rentan Dialami Penderita Obesitas Morbid ILUSTRASI - Obesitas (FOTO: Prelo)
Sabtu, 12 Januari 2019 - 04:55

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Beberapa hari belakangan ini ramai diberitakan seorang wanita mengalami obesitas hingga bobot tubuhnya mencapai 350 kg. Titi Wati, wanita 37 tahun ini sudah  6 tahun mengalami obesitas. Bukan hanya obesitas biasa, kondisi yang dialami Titi ini termasuk dalam obesitas morbid. Seperti apa gangguan kesehatan ini?

Obesitas morbid merupakan kondisi yang mengacu pada obesitas yang mengganggu aktivitas normal atau fungsi fisiologis.

Obesitas ini tentunya memiliki berbagai komplikasi kesehatan yang perlu diwaspadai. Dilansir dari Klik Dokter, berikut ini adalah beberapa penyakit yang mengintai.

1. Osteoartritis

Sendi tulang berfungsi menopang berat badan ketika berdiri ataupun berjalan. Saat berat badan berlebih hingga obesitas, kondisi ini dapat mengakibatkan sendi mengalami deformitas hingga perubahan bentuk permanen.

2. Kolesterol dan penyakit jantung

Pola makan yang tidak terkontrol, cenderung berlebihan, dapat memicu abnormalitas dari kolesterol dalam darah. Ketika kadar kolesterol tinggi, maka ini dapat meningkatkan risiko berbagai penyakit kardiovaskular.

3. Stroke

Penderita obesitas morbid dapat mengalami stroke, baik iskemik maupun hemoragik.

4. Sindrom metabolik

Kelainan metabolik seperti diabetes dan tekanan darah (tinggi) hipertensi dapat ditemukan pada pasien dengan berat badan berlebih.

5. Sleep apnea

Sleep apnea merupakan gangguan tidur berupa berhentinya napas dalam periode waktu tertentu. keadaan ini dapat menyebabkan penurunan suplai oksigen ke otak, dan tentu saja bisa membuat kualitas tidur menurun.

6. Gangguan reproduksi

Pada penderita obesitas morbid juga dapat mengalami kondisi polycystic ovary syndrome (PCOS), yang ditandai dengan tidak terjadinya ovulasi (pelepasan sel telur yang siap untuk dibuahi). Selain itu, dapat pula ditemukan resitensi insulin, yang selanjutnya akan memengaruhi kesuburan seorang wanita. Pada pria yang mengalami gangguan kesehatan ini juga bisa ditemukan kasus impotensi dan infertilitas. (*)

Jurnalis :
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : klikdokter.com

Komentar

Loading...
Registration