Gaya Hidup

Kiat Mudah Mengatasi Rambut Berminyak

Sabtu, 12 Januari 2019 - 03:51 | 61.12k
ILUSTRASI (FOTO: Tampil Cantik)
ILUSTRASI (FOTO: Tampil Cantik)

TIMESINDONESIA, JAKARTARambut berminyak merupakan salah satu masalah rambut yang sering dialami. Rambut berminyak diketahui berasal dari kulit kepala yang berminyak. Jika ditarik benang merahnya, maka kembali lagi pada kondisi setiap kulit manusia yang memiliki variasi berbeda.

Bagi Anda yang memiliki rambut berminyak, tak usah takut karena ada banyak solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi hal tersebut. Seperti dilansir Prevention, berikut kiat menangani rambut berminyak.  

1. Jangan terlalu sering disisir

Saat minyak terasa menumpuk, Anda mungkin jadi tergoda untuk menyisir rambut. Lebih baik Anda tidak melakukannya terlalu sering. Kebiasaan tersebut malah bisa merusak rambut Anda.

Menyisir rambut terlalu sering dan keras dapat menghasilkan lebih banyak minyak dengan menyebarkannya melalui rambut. Selain itu, biasakan untuk membersihkan sisir setiap saat.

2. Hindari produk rambut tertentu

Banyak produk yang menjanjikan agar setiap helai rambut Anda bersinar. Namun saat rambut sudah berkilau akibat minyak yang berlebih, tentu saja Anda harus berhenti atau menghindari produk rambut ini.

Hal yang sama juga berlaku untuk sampo. Apa pun produk yang menjanjikan rambut berkilau, bukanlah pilihan terbaik jika rambut Anda sudah berminyak dari sananya.

3. Pilih sampo dengan bahan alami

Carilah sampo yang mengandung bahan alami, seperti tea tree. Ini karena tea treebersifat anti peradangan. Ekstrak rumput laut juga bermanfaat karena mampu bekerja cepat menghilangkan minyak berlebih dari kulit.

Selain itu, Anda bisa mencoba mencampurkan lidah buaya serta perasan lemon untuk perawatan rambut. Kombinasi keduanya mampu membantu mengontrol produksi sebum dan membuat rambut Anda lebih lembut.

4. Gunakan sampo antiketombe

Jika produksi minyak rambut berlebih, Anda pun cenderung rentan terhadap ketombe. Hal itu terjadi karena penumpukan minyak di kulit kepala dapat menyebabkan pertumbuhan berlebih sebuah genus jamur yang disebut malassezia.

Anda bisa mengatasinya dengan menggunakan sampo antiketombe yang memiliki bahan-bahan khusus di dalamnya. Sampo antiketombe yang mengandung  zinc pyrithione baik untuk mengurangi tingkat jamur sehingga otomatis dapat mengurangi ketombe.  

5. Biasakan mengeringkan rambut

Pengering rambut bisa membantu karena panas yang dihasilkan dapat menyerap minyak kulit kepala. Kendati begitu, pastikan Anda mengatur tingkat suhu serendah mungkin demi menghindari kerusakan akibat panas.

6. Berhenti menyentuh rambut terus-terusan

Menyentuh rambut secara berlebihan dapat merangsang lebih banyak produksi kelenjar minyak. Hal ini juga berlaku bagi Anda yang memiliki kebiasaan menyentuh kulit wajah saat minyak sedang banyak-banyaknya berproduksi.

7. Kurangi stres

Banyak penelitian membeberkan bahwa biang keladi rambut Anda yang berminyak bisa jadi akibat stres. Kadar kortisol yang tinggi dapat menyebabkan produksi kelenjar minyak jadi berlebih dan sukar terkontrol.

Selain itu, stres dapat membuat Anda gelisah dan lebih banyak menyentuh rambut, sehingga berkontribusi menimbulkan minyak. Lakukanlah hal-hal menyenangkan yang bikin Anda rileks, sehingga produksi minyak pada kulit kepala segera menurun.

Atasi masalah rambut Anda lewat cara-cara di atas. Imbangi pula dengan perawatan rambut secara rutin dan berkonsultasi pada ahlinya. Dengan begitu, masalah rambut berminyak Anda bisa tertangani dengan tuntas dan Anda bisa tampil lebih segar serta percaya diri. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : Berbagai Sumber

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES