Gaya Hidup

Tiga Cara Mudah ini Bisa Bantu Bumi Tetap Lestari

Tiga Cara Mudah ini Bisa Bantu Bumi Tetap Lestari ILUSTRASI (FOTO: Innanie Ariffin)
Jum'at, 11 Januari 2019 - 23:41

TIMESINDONESIA, JAKARTAMenjaga kelestarian bumi merupakan tanggung jawab bersama. Jika seluruh penduduk bumi kompak melakukan tiga hal sepele ini dijamin bumi akan tetap lestari.

Apa sajakah itu?

1. Kurangi sampah plastik
Diketahui plastik sangat sulit untuk diurai. Mengurangi sampah 
plastik bisa dimulai dari diri sendiri. Anda bisa mulai dari membawa tas belanja dan menolak memakai kantong plastik saat belanja di supermarket. 

Selain itu, Anda juga sudah bisa membeli sedotan alumunium atau bambu, untuk mengganti sedotan plastik. Bawa juga botol minum atau gelas sendiri setiap kali memesan minum di kafe atau kedai kopi.

2. Membuang sampah pada tempatnya
Sejak kecil kita sudah dibiasakan untuk membuang sampah pada tempatnya. Tentunya Anda harus mempertahankan hal itu. Namun kini Anda dapat memisahkan sampah sesuai dengan jenisnya. Terlebih di kota-kota besar telah menyediakan tempat sampah yang disesuaikan dengan jenis sampah (sampah organik dan anorganik atau sampah kering dan sampah basah). Perhatikan betul-betul sebelum membuang sampah.

3. Matikan listrik saat tidak digunakan
Lampu yang tak terpakai baiknya dipadamkan saja. Termasuk lampu estetika, yang penggunaannya hanya untuk keindahan saja. Jika keluar rumah, pastikan untuk mematikan listrik dan mencabut charger ponsel yang tidak digunakan. Dengan kebiasan ini, Anda bisa menghemat listrik serta menjaga lingkungan supaya lebih baik lagi.

Nah mudah bukan, jika seluruh orang di dunia tertib melakukan hal tersebut, dijamin bumi akan tetap lestari(*)

Jurnalis :
Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

Komentar

Loading...
Registration