Pendidikan

Pengabdian Masyarakat, Polbangtan Malang Bangun Kelembagaan Petani Cabai

Pengabdian Masyarakat, Polbangtan Malang Bangun Kelembagaan Petani Cabai Kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh tim PKM Polbangtan Malang di Desa Klampok, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, Jumat (11/1/2019). (FOTO: Humas Polbangtan Malang for TIMES Indonesia)
Jum'at, 11 Januari 2019 - 20:21

TIMESINDONESIA, MALANGPolbangtan Malang kembali melakukan kegiatan pengabdian masyarakat. Kali ini, di Desa Klampok, Kecamatan Singosari, tim PKM Polbangtan Malang melakukan pendampingan untuk membangun kelembagaan petani cabai.

Diseminasi teknologi bertema potensi dan prospek pengembangan cabai ini dilaksanakan dosen bersama mahasiswa Polbangtan Malang, dikemas dalam diskusi dan tanya jawab. Koordinator kegiatan, Dr. Tatang Suryadi, SP, MP menuturkan, kegiatan ini merupakan upaya meningkatkan kemauan dan mendorong motivasi petani untuk melaksanakan budidaya cabe.

Terkait dengan pelibatan mahasiswa, menurut Tatang, tujuannya agar mereka selalu belajar dalam situasi nyata. "Mahasiswa belajar tentang apa dan bagaimana melakukan pendekatan dan pendampingan kepada masyarakat, karena penyuluhan itu bersifat spesifik," ujarnya, Kamis (11/1/2019) di sela-sela kegiatan.

BACA JUGA: Dosen dan Mahasiswa Polbangtan Malang Berkolaborasi untuk Pengabdian Masyarakat

Dia menjelaskan, dipilihnya Desa Klampok sebagai lokasi pengabdian, karena merupakan salah satu desa penghasil cabai di Kabupaten Malang. Selain itu, Desa Klampok dinilai potensial untuk peningkatan hasil usaha petani melalui pengembangan kelembagaan petani yang kuat, serta jejaring usaha dan pasar.

Petani cabai pun merespon positif kegiatan yang dilakukan Polbangtan Malang. Hariono, salah satu peserta kegiatan berharap, petani cabai yang ada di Desa Klampok bisa tergabung dalam asosiasi cabai, sehingga harga bisa stabil dan usaha semakin baik.

"Terima kasih kepada tim Polbangtan (Malang) yang terus mendampingi dan memfasilitasi pengembangan usaha cabe kami," ucapnya.

Dalam kegiatan pengabdian masyarakat oleh Polbangtan Malang di Desa Klampok ini, hadir pula Ketua Asosiasi Champion Cabe Indonesia Kabupaten Blitar, Sarwi Wiyanto.  Dia dihadirkan untuk memberikan penjelasan dan berbagi pengalaman tentang upaya peningkatan kelembagaan petani cabai. (*)

Jurnalis : Ferry Agusta Satrio
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Malang

Komentar

Loading...
Registration