Minggu, 17 Februari 2019
Ketahanan Informasi

Anggota Kodim 0824 Jember Ajak Pelajar Ikut Cegah Hama dengan Bunga Refugia

Anggota Kodim 0824 Jember Ajak Pelajar Ikut Cegah Hama dengan Bunga Refugia Babinsa Kaliwining Koramil 0824/13 Rambipuji bersama PPL dan Siswa Siswi SDN Kaliwining 02 Tanam Refugia (FOTO: AJP/TIMES Indonesia)
Jum'at, 11 Januari 2019 - 16:07

TIMESINDONESIA, JEMBER – Anggota TNI dari jajaran Kodim 0824 Jember membantu masyarakat petani di Dusun Loji Lor, Desa Kaliwining, Kecamatan Rambipuji, Jember dalam mengantisipasi hama. Caranya dengan menanam bunga refugia atau tanaman antihama.

Selain anggota TNI, penanaman bunga refugia tersebut melibatkan Petugas Penyuluh Lapang (PPL) se-Kecamatan Rambipuji dan puluhan pelajar SDN Kaliwining 02.

TIMES-Indonesia-Kodim-0824-Jember-Bunga-Refugia-2.jpg

Koordinator PPL Sukarno mengatakan bahwa penanaman bunga refugia yang melibatkan para pelajar tersebut dilakukan sebagai wisata edukasi serta memberikan pemahaman mengenai pencegahan hama padi dengan bantuan bunga, seperti bunga matahari, bunga kertas, kenikir, dan lain-lain.

"Dengan ditanamnya bunga refugia ini maka serangga termasuk wereng akan berkumpul di tanaman ini dan tidak lagi mengganggu tanaman padi petani, sehingga tindakan antisipatif seperti ini sangat efektif, alami, dan tidak mengganggu ekosistem," terang Sukarto.

M. Abdul Azis, salah satu guru pendamping para siswa mengatakan bahwa kegiatan seperti ini sangat diperlukan bagi para anak didiknya untuk memperluas wawasannya sekaligus refreshing di tengah-tengah padatnya pelajaran sekolah.

TIMES-Indonesia-Kodim-0824-Jember-Bunga-Refugia-3.jpg

"Sesekali diajak seperti ini," singkatnya.

Pjs Danramil 0824/13 Rambipuji Kapten Inf Abdul Latif menerangkan keterlibatan Babinsanya dalam kegiatan tersebut sebagai bagian dari tugas-tugas pendampingan pertanian dalam menjaga dan meningkatkan produksi pertanian. 

"Dan dengan melibatkan adik-adik SD seperti itu merupakan salah satu langkah yang sangat kreatif," ucap Latif.

Sementara itu, Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Arif Munawar ikut mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh Koramil maupun Babinsa di jajarannya dalam upaya pendampingan yang dilakukannya itu.

"Upaya seperti yang dilakukan oleh Babinsa Kaliwining tersebut merupakan bagian dari memberikan pembelajaran dan wawasan kepada generasi muda bangsa kita terhadap upaya-upaya alami dalam mengendalikan hama tanaman dengan penanaman bunga refugia," tambah Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Arif Munawar. (*)

Jurnalis : Siswandi (CR-125)
Editor : Dody Bayu Prasetyo
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Jember

Komentar

Loading...
Registration