Peristiwa Nasional

Tangani Permasalahan Lingkungan Laut, Menteri LHK RI Usulkan Ini

Kamis, 10 Januari 2019 - 18:33 | 29.14k
Menteri LHK RI, Siti Nurbaya (FOTO: Rizki Amana/TIMES Indonesia)
Menteri LHK RI, Siti Nurbaya (FOTO: Rizki Amana/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTAMenteri LHK RI (Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI), Siti Nurbaya mengusulkan pembentukan Pusat Peningkatan Kapasitas Inisiatif Regional dalam Perlindungan Lingkungan Laut dari Kegiatan Berbasis Daratan. Hal ini diperlukan mengingat komitmen Indonesia terhadap implementasi Bali Declaration dalam menangani permasalahan lingkungan laut di Indonesia. 

"Bali Declaration merupakan solusi negara-negara anggota dalam menangani masalah pencemaran dan kerusakan pesisir dan laut yang berasal dari berbagai kegiatan yang berasal dari daratan, yang bersifat lintas negara. Untuk itu perlu didukung kerjasama antar negara melalui peningkatan kapasitas, pengetahuan dan keterampilan serta alih teknologi," ujar Menteri Siti secara tertulis, Jakarta, Kamis (10/1/2019).

Menteri Siti menyampaikan, Indonesia telah berkomitmen menekan sampah plastik pada tahun 2025 hingga 70 persen. Selain itu, Indonesia juga telah meluncurkan Rencana Aksi Nasional (RAN) untuk mengurangi limbah plastik melalui berbagai kegiatan yang dilakukan bersama pemangku kepentingan. 

Indonesia juga melakukan inisiatif melalui komitmen 156 perusahaan besar untuk mengurangi sampah plastik. Program Penilaian Kinerja Lingkungan oleh Perusahaan (PROPER) yang dicanangkan oleh KLHK RI telah menghasilkan pengurangan beban pencemaran dalam jumlah yang signifikan. Sebanyak 437 perusahaan hijau telah melaporkan 8.474 kegiatan yang didedikasikan untuk pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) target ke-14.

"Pencemaran dan kerusakan lingkungan laut, seperti meningkatnya nutrient, air limbah (waste water), dan sampah laut (marine litter) merupakan tantangan yang dihadapi tidak hanya oleh Indonesia namun juga negara sahabat. Untuk mewujudkan komitmen bersama yang telah kita sepakati, Indonesia mendorong pembentukan Regional Center for Capacity Initiative to Protect Marine Environment from Land-based Activities," jelas Menteri Siti. 

Untuk menunjang pembentukan Pusat Peningkatan Kapasitas Inisiatif Regional tersebut, kata Menteri LHK RI Siti Nurbaya, Indonesia telah memiliki berbagai modalitas antara lain berupa berbabagi program dan aksi nyata dalam penanganan permasalahan lingkungan laut dari berbagai kegiatan berbasis di daratan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES