Peristiwa - Nasional

Tangani Permasalahan Lingkungan Laut, Menteri LHK RI Usulkan Ini

Tangani Permasalahan Lingkungan Laut, Menteri LHK RI Usulkan Ini Menteri LHK RI, Siti Nurbaya (FOTO: Rizki Amana/TIMES Indonesia)
Kamis, 10 Januari 2019 - 18:33

TIMESINDONESIA, JAKARTAMenteri LHK RI (Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI), Siti Nurbaya mengusulkan pembentukan Pusat Peningkatan Kapasitas Inisiatif Regional dalam Perlindungan Lingkungan Laut dari Kegiatan Berbasis Daratan. Hal ini diperlukan mengingat komitmen Indonesia terhadap implementasi Bali Declaration dalam menangani permasalahan lingkungan laut di Indonesia. 

"Bali Declaration merupakan solusi negara-negara anggota dalam menangani masalah pencemaran dan kerusakan pesisir dan laut yang berasal dari berbagai kegiatan yang berasal dari daratan, yang bersifat lintas negara. Untuk itu perlu didukung kerjasama antar negara melalui peningkatan kapasitas, pengetahuan dan keterampilan serta alih teknologi," ujar Menteri Siti secara tertulis, Jakarta, Kamis (10/1/2019).

Menteri Siti menyampaikan, Indonesia telah berkomitmen menekan sampah plastik pada tahun 2025 hingga 70 persen. Selain itu, Indonesia juga telah meluncurkan Rencana Aksi Nasional (RAN) untuk mengurangi limbah plastik melalui berbagai kegiatan yang dilakukan bersama pemangku kepentingan. 

Indonesia juga melakukan inisiatif melalui komitmen 156 perusahaan besar untuk mengurangi sampah plastik. Program Penilaian Kinerja Lingkungan oleh Perusahaan (PROPER) yang dicanangkan oleh KLHK RI telah menghasilkan pengurangan beban pencemaran dalam jumlah yang signifikan. Sebanyak 437 perusahaan hijau telah melaporkan 8.474 kegiatan yang didedikasikan untuk pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) target ke-14.

"Pencemaran dan kerusakan lingkungan laut, seperti meningkatnya nutrient, air limbah (waste water), dan sampah laut (marine litter) merupakan tantangan yang dihadapi tidak hanya oleh Indonesia namun juga negara sahabat. Untuk mewujudkan komitmen bersama yang telah kita sepakati, Indonesia mendorong pembentukan Regional Center for Capacity Initiative to Protect Marine Environment from Land-based Activities," jelas Menteri Siti. 

Untuk menunjang pembentukan Pusat Peningkatan Kapasitas Inisiatif Regional tersebut, kata Menteri LHK RI Siti Nurbaya, Indonesia telah memiliki berbagai modalitas antara lain berupa berbabagi program dan aksi nyata dalam penanganan permasalahan lingkungan laut dari berbagai kegiatan berbasis di daratan. (*)

Jurnalis : Rizki Amana
Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Rizal Dani

Komentar

Loading...
Registration