Peristiwa Daerah

Tak Hanya di Kota, 5 Kelurahan di Kabupaten Probolinggo Dapat Dana Kelurahan 

Kamis, 10 Januari 2019 - 18:26 | 148.25k
Warga melintas di Alun-alun Kraksaan (FOTO: Dok TI)
Warga melintas di Alun-alun Kraksaan (FOTO: Dok TI)

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGODana kelurahan dari pemerintah pusat juga mengalir ke lima kelurahan di Kraksaan, ibu kota Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur.

Yaitu Kelurahan Patokan, Sidomukti, Kraksaan Wetan, Semampir, dan Kelurahan Kandangjati Kulon. Sebagai ibu kota, Kraksaan terdiri dari 13 desa dan lima kelurahan.

Saat dihubungi TIMES Indonesia, Camat Kraksaan, Ridwan menyebut, dana kelurahan yang diterima sekitar Rp 1 miliar. Menurutnya, itu untuk setiap kelurahan. "Angkanya sekitar itu," katanya.

Dalam APBD 2019, dana kelurahan ini sudah muncul. Tapi mengenai penyerapannya, pemerintah masih menunggu petunjuk teknis (juknis) dari pemerintah. "Kami masih menunggu Juknis itu," kata Ridwan.

Secara terpisah, pelaksana tugas (Plt) Dinas Kominfo, Statistik dan Persandian Kabupaten Probolinggo, Tutug Edi Utomo membenarkan alokasi dana kelurahan untuk lima kelurahan di Kraksaan.

Namun, pria yang juga menjabat Kepala Bappeda ini belum bisa memberi keterangan detil. Apalagi, dana kelurahan ini merupakan barang baru yang mulai dialokasikan di 2019 oleh pemerintah pusat.

Sebagai informasi, pemerintah mengalokasikan dana Rp 3 triliun dana kelurahan di tahun 2019. Dana tersebut dibagi untuk 8.122 kelurahan. Termasuk lima kelurahan di Kraksaan, ibu kota Kabupaten Probolinggo. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Probolinggo

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES