Gaya Hidup

Kiat Memilih Sepatu Bot yang Nyaman Dipakai

Kamis, 10 Januari 2019 - 05:31 | 51.09k
Ilustrasi - tips memilih sepatu boot (Foto: zachiraputri.weebly.com)
Ilustrasi - tips memilih sepatu boot (Foto: zachiraputri.weebly.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTASepatu bot disebut jadi tren tahun 2019 ini. Sepatu bot adalah sepatu yang bisa dipadupadankan dengan berbagai gaya pakaian, baik kasual maupun formal. Tertarik untuk menambah bot ke dalam koleksi sepatu Anda untuk mengikuti tren fashion tahun ini? Berikut lima kiat memilih sepatu bot.

1. Ukuran yang tepat

Ukurlah panjang, lebar, dan lengkungan kedua kaki karena ukuran kanan dan kiri tidak selalu identik. Selain itu, sebaiknya Anda mencoba dan membeli sepatu pada sore atau malam hari karena setelah beraktivitas seharian, ukuran kaki akan sedikit membesar.

Terakhir, gunakan kaus kaki saat mencoba bot untuk memastikan sepatu tetap nyaman walaupun dilapisi kaus kaki tebal.
 
2. Sol yang nyaman

Sol adalah bagian dalam sepatu yang menyentuh telapak kaki. Sol yang bagus menyangga setiap bagian dari kaki namun tetap fleksibel mengikuti gerakan kaki. 

Saat mencoba sepasang bot, berjalanlah di sekitar toko agar bisa merasakan seberapa nyaman kaki saat bergerak. 

Selain berjalan, berdirilah di ujung jari kaki untuk mengetahui apakah jari-jari kaki mempunyai cukup ruang untuk merenggang keluar atau malah terbentur di ujung dan atas sepatu. 

Kemudian, naikkan tumit seakan mau naik tangga untuk mengetes apakah tumitmu bergeser-geser di dalam sepatu. Bot yang bagus akan mencengkeram tumit dengan pas agar bisa berjalan dengan nyaman.
 
3. Tes kelenturan

Anda juga harus mengetes kelenturan bagian luar dan atas bot karena karena ini akan mempengaruhi kenyamanan. Tes bisa dilakukan dalam empat cara, yaitu menekuk toebox alias bagian depan sepatu dimana jari-jari berada, ke atas. 

Bot harus cukup fleksibel untuk menekuk sedikit, tapi tidak sampai setengah sepatu. 

Periksa juga apakah ada penyangga untuk bagian lengkungan kaki dan selalu pilih bot yang mempunyai hak yang lebar dan tebal karena ini akan membantu menjaga keseimbangan.

4. Bagian luar tahan air

Bot adalah sepatu yang bisa digunakan untuk kegiatan di dalam dan di luar ruangan. Kalau Anda banyak beraktivitas di luar ruangan, pastikan pilih bot yang bagian luarnya tahan air. 

Bahan tahan air ini akan memungkinkan Anda untuk menggunakan bot dalam cuaca apa pun, baik saat cerah atau hujan. Keliman sepatu juga harus rapat untuk semakin melindungi kaki dari basah dan lembap.
 
5. Terbuat dari kulit atau sintetis

Bot umumnya terbuat dari kulit, seperti full-grain atau nubuck, atau bahan sintetis, termasuk bahan berteknologi tinggi seperti Cordura yang tahan dari goresan. 

Bahan kulit lama-lama akan menyesuaikan dengan kaki tapi perawatannya harus lebih seksama supaya tidak kering dan pecah. Sementara itu, bahan sintetis lebih mudah dirawat tapi tidak akan seelegan sepatu bot klasik.

Itulah kiat memilih sepatu bot yang nyaman dipakai. Selain mengikuti tren fashion, Anda juga perlu memperhatikan barang-barang yang Anda gunakan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES