Tekno

Demi Lindungi Bumi, NASA Berencana Tabrakkan Pesawat ke Asteroid

Demi Lindungi Bumi, NASA Berencana Tabrakkan Pesawat ke Asteroid Ilustrasi - asteroid (Foto: paulfleet/Depositphotos)
Rabu, 09 Januari 2019 - 18:57

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Badan Antariksa Amerika Serikat, NASA, dikabarkan berencana menabrakkan pesawat ruang angkasa ke asteroid untuk mencegah hantaman dahsyat dengan Bumi

Selama ini sering diberitakan sejumlah asteroid diprediksi menjadi ancaman bagi Bumi. Jika sampai terjadi tumbukan, ilmuwan itu berteori, bisa menyebabkan peristiwa kepunahan massal, seperti memusnahkan dinosaurus di zaman dahulu kala. 

Seperti dilaporkan Mirror, Selasa (8/1/2019), asteroid yang hendak ditabrak NASA itu sebenarnya bukan ancaman bagi Bumi, tetapi dengan menabraknya, kru NASA ingin melihat apakah defleksi serupa akan bekerja pada asteroid masa depan.

Dalam tes tersebut, sebuah pesawat NASA akan menghantam sasarannya, yaitu asteroid Didymos. Tujuannya untuk melihat apakah misi itu dapat berhasil mengubah arah batu asteroid.

Didymos memiliki panjang sekitar 800 m dan mempunyai badan pengorbit sekunder yang dikenal dengan nama  "moonlet" dengan ukuran 150 m.

Menggunakan teknologi canggih, pesawat ruang angkasa akan menabrak Didymos pada jarak 11 juta km dari Bumi.

Nancy Chabot, ilmuwan planet di Laboratorium Fisika Terapan Universitas Johns Hopkins dan ilmuwan proyek ini, mengatakan kepada Space, bahea "pertahanan planet benar-benar tentang tata surya saat ini dan apa yang akan kita lakukan di masa sekarang."

"Ini adalah sesuatu yang akan Anda lakukan dalam 5, 10, 15, 20 tahun mendatang dengan baik, untuk mendorong asteroid sehingga tidak berdampak pada Bumi," katanya. (*)

Jurnalis : Widodo Irianto
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

Komentar

Loading...
Registration