Kesehatan

Kenali Gejala Sakit Jantung yang Harus Anda Waspadai

Kenali Gejala Sakit Jantung yang Harus Anda Waspadai Image: Gluteranews
Rabu, 09 Januari 2019 - 19:02

4. Fibrilasi Atrium
Fibrilasi atrium adalah sejenis aritmia yang membuat detak jantung di bagian serambi (atrium) jantung menjadi tidak beraturan. Kondisi ini dapat menyebabkan stroke, pembekuan darah, dan komplikasi lain seperti gagal jantung. Sama halnya dengan serangan jantung, pada beberapa orang penyakit ini juga tidak menunjukkan gejala apa pun.

5. Gagal Jantung
Gagal jantung terjadi ketika jantung kehilangan kemampuan memompa darah sebagaimana mestinya. Kondisi seperti tekanan darah tinggi dan menyempitnya pembuluh darah secara bertahap membuat jantung kaku atau terlalu lemah untuk memompa darah, sehingga mengakibatkan gagal jantung.

6. Perikarditis
Perikarditis adalah kondisi meradangnya perikardium, yaitu lapisan tipis yang mengelilingi jantung. Perikarditis umumnya diikuti dengan demam yang tidak terlalu tinggi, detak jantung meningkat, nyeri dada yang berbeda dengan angina.

Pada penderita perikarditis, nyeri yang dirasakan berpusat pada tengah dada dan terasa menusuk. Nyeri semakin terasa saat menarik napas, batuk, menelan, dan berbaring. Nyeri bisa menjalar hingga ke leher, lengan, dan punggung.

7. Kardiomiopati
Kardiomiopati adalah istilah untuk menyebut penyakit otot jantung atau lebih dikenal dengan istilah lemah jantung. Otot jantung menebal, membesar, atau menjadi kaku. Beberapa orang tidak menunjukkan gejala dan dapat hidup normal. Namun banyak juga yang menunjukkan gejala dan memburuk seiring dengan menurunnya fungsi jantung.

8. Penyakit Katup Jantung
Katup jantung merupakan pintu dari bilik maupun serambi jantung. Pada penyakit katup jantung, katup tidak berfungsi secara normal sehingga mengakibatkan gangguan aliran darah dari dan menuju ke jantung. Jika katup jantung mengalami gangguan, Anda mungkin akan mengalami nyeri di dada saat beraktivitas atau menghirup udara dingin, lemas dan pusing.

Untuk memastikan ciri-ciri sakit jantung yang Anda alami, segera periksakan ke dokter spesialis jantung. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan penunjang seperti EKG, Rontgen dada, ekokardiografi, dan angiografi jantung jika diperlukan untuk menilai fungsi jantung dan mendiagnosis penyakit guna menentukan langkah penanganan yang tepat.

Jika Anda memiliki beberapa faktor risiko sakit jantung tersebut, disarankan untuk menjalani gaya hidup sehat untuk mencegah penyakit jantung dan rutin melakukan check up kesehatan. (*)

Jurnalis :
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rochmat Shobirin

Komentar

Loading...
Registration