Ekonomi

Berkenalan dengan Yogi, Petani Millenial yang Sukses

Selasa, 08 Januari 2019 - 21:25 | 418.85k
Rahmad Yogi, petani millenial asal Paiton Probolinggo, Jawa Timur (Foto: TIMES Indonesia)
Rahmad Yogi, petani millenial asal Paiton Probolinggo, Jawa Timur (Foto: TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANGRahmad Yogi salah satu petani millenial bersertifikat dari Pusat Pelatihan Pertanian RI yang sukses. Pria kelahiran Paiton Probolinggo, Jawa Timur ini merupakan petani binaan Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Ketindan, Jawa Timur. 

Yogi juga berkesempatan magang di Jepang pada tahun 2012. Selepas magang, Yogi gigih mengembangkan ilmu budidaya hortikultura, salah satu ilmu  yang telah didapatnya selama mengikuti magang.

Kini ia membentuk kelompok tani Cempiring dan diketuai oleh Yogi. Berkat kepiawaiannya dia mendapat dukungan pembinaan dari CSR PT. Pomi Paiton Energi berupa sarana bangunan yang dijadikan sebagai Pusat Pelatihan Pertanian di Perdesaan Swadaya (P4S) yang diberi nama “Yoganik”. 

Dukungan juga mengalir dari Dinas Pertanian Kabupaten Probolinggo untuk mengembangkan Kegiatan Rumah Pangan Lestari (KRPL) khusus tanaman hortikultura berbasis organik berorientasi agribisnis.

Lebih mengejutkan lagi bahwa semua jenis tanaman hortikulturan yang dikembangkan oleh Yogi adalah jenis sayuran dataran tinggi yang dikembangkan di dataran rendah dengan hasil pengembangan yang sangat fantasis. Seperti buah bit dan kentang mampu dihasilkan oleh Yogi.

P4S Yoganik telah bisa memberdayakan masyarakat sekitar untuk turut mengembangkan KRPL, terutama pengembangan karangan sebagai sumber gizi keluarga dengan menerapkan prinsip-prinsip organic dengan teknik budidaya yang diajarkan oleh Yogi, sehingga kedepan masyarakat bertambah pendapatan keluarganya.

Pada tahun 2016, Yogi mendapatkan sertifikat Kompeten sebagai Fasilitator Organic Tanaman dari Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Pertanian Kementerian. Pertanian. Yang diikuti dengan P4S Yoganik terpilih menjadi Tempat Uji Kompetensi (TUK) dalam bidang Pertanian Organik dan Budidaya Sayuran dari LSP Pertanian Kementerian Pertanian.

Dan pada tahun 2018 telah menjadi Asesor bidang Pertanian Organik. Sampai saat ini Yogi telah menjalin kemitraan dengan PT. Pomi Paiton Energi (PEE) kerjasama dalam bidang pemberdayaan dan pasar sayur organik untuk karyawannya, dengan PIPMI kerjasama dalam pemasaran sayur organik dan dengan Dinas Pertanian Kabupaten Problinggo untuk pemberdayaan masyarakat pertanian.

Jerih payahnya sebagai petani muda dibuktikan degan meraih Juara Nasional Pemuda Pelopor dan diikutkan sebagai undangan terhormat untuk menerima penghargaan dari Presiden Joko Widodo pada puncak acara Sumpah Pemuda yang dilangsungkan di Provinsi Riau tahun 2015. 

Dengan penghasilan setahun Rp.150 juta, Yogi patut mendapatkan predikat Petani Millenial Indonesia dari Pusat Pelatihan Pertanian RI.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES