Peristiwa - Internasional

Festival Janadriyah ke-33 Paviliun Indonesia Selalu Dipadati Pengunjung

Festival Janadriyah ke-33 Paviliun Indonesia Selalu Dipadati Pengunjung Paviliun Indonesia di Festival Janadriyah ke 33 selalu dipadati pengunjung. (FOTO: Istimewa)
Selasa, 08 Januari 2019 - 16:20

TIMESINDONESIA, RIYADH – Paviliun Indonesia sebagai tamu kehormatan di Festival Janadriyah ke-33 di Riyadh, Arab Saudi, selalu dipadati pengunjung sejak hari pertama dibuka 20 Desember 2018 lalu dan festival ini akan berlangsung sampai Rabu (9/1/2019).

Atase Pendidikan dan Kebudayaan Kedutaan Besar Republik Indonesia (Atdikbud KBRI) di Riyadh, Ahmad Ubaedillah, Senin (7/1/2019) mengatakan, kehadiran Indonesia sebagai tamu kehormatan Festival Janadriyah ke-33 tergolong sukses.

"Karena Paviliun Indonesia selali dipadati pengunjung maupun yang ingin menonton pertunjukan seni di panggung luar paviliun. Bisa saya katakan secara subjektif kalau ini lebih ramai dibanding (Festival Janadriyah) tahun lalu. Apalagi kalau malam Jumat, malam Sabtu, weekend-nya orang Saudi, menjadi yang dinanti-nanti oleh mereka," katanya.

Dikatakan, mereka tertarik dengan kebudayaan Indonesia. Panggung Indonesia menampilkan Tari Saman, Tari Zapin, Rampak Gendang, dan Dangdut Thillung dari Yogyakarta. Sedangkan soal budaya,  Indonesia menyuguhkan pembuatan keramik, pembuatan tenun Lombok, kerajinan Sulam Tapis dari Lampung, batik tulis Yogyakarta, pembuatan sketsa wajah, ramuan jamu, dan permainan tradisional.

"Bahkan paviliun kita ini selaku ditunggu-tunggu mereka. Sebelum buka saja, mereka sudah menunggu penampilan dari performer kita. Luar biasa mereka antusiasnya," tambah Ahmad Ubaedillah.

Ubaedillah menyebut,  pengunjung Paviliun Indonesia mencapai ribuan orang. "Suvenir kita yang jumlahnya ribuan itu saja dalam tiga hari sudah habis," katanya.

Ahmad Ubaedillah juga mengatakan,  bagi Indoneaia kesempatan menjadi tamu kehormatan di Festival Janadriyah ini merupakan hal yang luar biasa. Apalagi waktu itu hanya memiliki persiapan sekitar satu bulan saja sejak Indonesia ditunjuk sebagai tamu kehormatan dalam Festival Janadriyah ini.

Indonesia ditunjuk sebagai tamu kehormatan Festival Janadriyah ke-33 itu berdasarkan Dekrit Raja Salman di Arab Saudi, pada September 2018. Tema yang diangkat Indonesia adalah Unity in Diversity for Strengthening Moderation and Global Peace.  Ini adalah pertama kalinya Indonesia menjadi tamu kehormatan (guest of Honor/dhoif al-syarof) di Festival Janadriyah. (*)

Jurnalis : Widodo Irianto
Editor : Widodo Irianto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

Komentar

Loading...
Registration