Senin, 18 Februari 2019
Peristiwa - Daerah

Flypass sampai Defile Kendaraan Tempur Warnai Sertijab Pangdiv 2 Kostrad

Flypass sampai Defile Kendaraan Tempur Warnai Sertijab Pangdiv 2 Kostrad Pasukan Brigif Linud 18 tampil mengesankan dalam defile acara serahterima jabatan Pangdiv 2 Kostrad, Selasa (8/1/2019) (FOTO: widodo irianto/TIMES Indonesia)
Selasa, 08 Januari 2019 - 12:33

TIMESINDONESIA, MALANG – Tank Leopard, peluncur roket Astros Meteor, Meriam Howitzer, dan beberapa alutsista TNI AD,  Selasa (8/1/2019) pagi ditampilkan dalam defile kendaraan tempur untuk mengiringi serah terima jabatan (sertijab) Pangdiv 2 Kostrad dari Mayjen TNI Marga Taufik kepada Brigjen TNI Tri Yuniarto.

Meski upacara itu dikemas sederhana, namun tetap saja suasananya tidak jauh dari kesan dinamis dan meriah di lingkungan TNI Angkatan Darat. Khususnya jajaran Divisi Infanteri 2 Kostrad mulai dari Brigif 18 sampai seterusnya.

Tempur..jpg

Peserta upacara berasal dari Detasemen Armed 1, Batalyon Armed 1, Batalyon Armed 11, Yon Armed 12, Batalyon Kavaleri 8, Batalyon Zeni Tempur 10, Batalyon Arteleri Pertahanan Udara Div 2, Batalyon Perbekalan dan Angkutan Div 2, Batalyon Kesehatan 2, Detasemen Pengawal Div 2, Detasemen POM Div 2, Ajen Divif 2, dan Kompi Kavaleri Div 2, itu beragam tampilan wajah.

Selain memoles wajahnya dengan warna doreng, pasukan khusus anti teror juga mengenakan masker berbentuk sebagian tengkorak manusia yang memperlihatkan giginya.

Dari kejauhan, tatkala pasukan Anti Teror ini berjajar di tengah lapangan bersama pasukan lainnya memang tidak terlihat, namun begitu dilihat dari dekat tampilan mereka cukup seram juga.

Tempur...jpg

Bukan hanya kehadiran pasukan dari matra Darat, khususnya jajaran Divif 2 Kostrad yang membuat suasana menjadi dinamis,  namun keikutsertaan Pasukan Marinir serta TNI Angkatan Udara, Lanud Abd Saleh Malang yang mengerahkan tiga pesawat Super Tucano dalam ber-flypass dan pesawat Hercules C 130 yang menerjunkan 20 pasukan Para Rider Brigif Linud 18 dari ketinggian 10.000 feet juga ikut menciptakan dinamisasi itu.

Pasukan ini sempat melakukan defile di hadapan Pangkostrad Letjen TNI Besar Harto Karyawan. Alutsista yang ditampilkan mulai dari Tank M113, Tank Leopard 2 RI,  Leopard ARV 3, Tank Marder,  Panser Ferret,  Mistral Atlas,  Rheinmetal,  Mistral MPCV,  Radar MCP,  MLRS Astros, LMU,  MLRS Meteo, MLRS Astros UCF,  Meriam Howitzer,  Kendaraan Jihandak, Nubika, kendaraan Spyder Exvacator,  Kendaraan ATV Amphibious dan Mobil Aldurlap.

Apalagi dalam defile pasukan dan kendaraan tempur usai serahterima jabatan Pangdiv 2 Kostrad yang dihadiri Pangkostrad Letjen TNI Besar Harto Karyawan itu, ratusan pelajar sekolah dasar juga diberi kesempatan menaiki tank dan ikut berdefile. Sejumlah santri dari Pondok Pesantren juga diundang dalam acara itu. (*)

Jurnalis : Widodo Irianto
Editor : Widodo Irianto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber : TIMES Malang

Komentar

Loading...
Registration