Gaya Hidup

Bertengkar dengan Pasangan? Hindari Sikap Ini Agar Hubungan Tetap Terjaga

Selasa, 08 Januari 2019 - 02:29 | 143.14k
Ilustrasi - bertengkar dengan pasangan (Foto: womantalk.com)
Ilustrasi - bertengkar dengan pasangan (Foto: womantalk.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Dalam hubungan asmara, setiap pasangan bisa mengalami konflik yang berujung pertengkaran. Agar masalah tak semakin besar, ada berbagai sikap yang sebaiknya dihindari saat bertengkar dengan pasangan.

Dilansir dari Hello Sehat, agar hubungan Anda dan pasangan tetap terjaga meski sedang bertengkar, ada baiknya untuk menghindari berbagai sikap berikut.

1. Membela Diri

Banyak orang yang justru membela diri daripada mengakui kesalahannya. Biasanya hal ini dilakukan karena gengsi, tidak mau disalahkan, dan menolak kenyataan bahwa memang ia yang menyebabkan masalah.

Membela diri ketika Anda memang salah tidak akan menyelesaikan masalah. Lebih baik, akuilah secara terbuka dan belajar untuk bertanggung jawab atas kesalahan yang sudah diperbuat.

2. Selalu Merasa Paling Benar

Hanya karena pasangan tidak memiliki pandangan yang sama bukan berarti Andalah yang paling benar. Pasalnya, Anda tidak memaksa pasangan untuk dapat melihat dan menganggap sesuatu dengan cara yang sama. Jangan justru merasa pasangan Andalah yang salah saat Anda berdua memiliki pendapat yang berbeda.

Daripada merasa paling benar,  sebaiknya cari jalan tengah untuk menengahi perbedaan di antara Anda dan pasangan. Jangan hanya selalu ingin dianggap benar tanpa mau mendengarkan dan menghiraukan pandangan dari pasangan.

3. Mengungkit Kesalahannya

Ketika Anda dan pasangan mengalami konflik, biasanya ucapan yang sering kali terlontar adalah “Kamu selalu…”, “Kamu tidak pernah…”. Kalimat-kalimat yang diawali dengan kata tersebut bermaksud untuk menggeneralisasi keadaan. Padahal mungkin faktanya sebaliknya.

Jika Anda mengeluarkan kalimat ini pada pasangan, bukan tidak mungkin ia merasa tidak dihargai. Pasalnya, usaha yang selama ini telah dilakukannya sama sekali tidak dianggap hanya karena satu kesalahan kecilnya. Jika pasangan sudah merasa tidak dihargai, konflik yang terjadi bisa semakin memanas.

4. Menolak untuk Berdiskusi

Saat pasangan menawarkan untuk mendiskusikan sebuah masalah, tak jarang salah satu pihak menolaknya. Entah karena tidak ingin disalahkan, malah membahasnya, dan berbagai alasan lainnya. Nah, sikap ini sangat perlu Anda jauhi saat bertengkar dengan pasangan.

Jika Anda berpikir bahwa masalah akan selesai tanpa perlu dibicarakan maka Anda keliru. Masalah hanya bisa diselesaikan dengan cara dibicarakan. Jika Anda bersikeras untuk tidak membahasnya maka hubungan Anda tidak akan pernah membaik. 

5. Selalu Menginterupsi dan Tidak Mau Mendengarkan

Semua orang bisa berbicara tetapi tidak semua orang bisa mendengarkan, terlebih saat bertengkar dengan pasangan. Banyak orang berusaha menyela dan menyiapkan omongan yang akan dikatakannya untuk menanggapi pasangannya. Sayangnya, sangat egois jika Anda melakukan hal ini pada siapapun termasuk pasangan.

Pasalnya, jika Anda selalu menginterupsi dan tidak menjadi pendengar yang baik maka Anda tidak akan tahu apa yang sebenarnya dikeluhkan pasangan. Oleh karena itu, belajarlah untuk menjadi pendengar yang baik saat pasangan sedang berbicara. Dengan menyimaknya, Anda bisa memahami sudut pandang pasangan dan berempati terhadap perasaannya.

Itulah lima sikap yang sebaiknya dihindari saat bertengkar dengan pasangan. Selain itu, selalu jalin komunikasi yang baik dengan pasangan. Komunikasi yang buruk bisa membuat hubungan asmara renggang dan Anda menjadi stres. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES