Kuliner

Di Ponorogo, Ada Sate Blendet yang Rasanya Menggugah Selera

Di Ponorogo, Ada Sate Blendet yang Rasanya Menggugah Selera Sate Blendet dengan kuahnya yang gurih. (FOTO: Endra Dwiono/TIMES Indonesia)
Minggu, 06 Januari 2019 - 19:04

TIMESINDONESIA, PONOROGO – Selain terkenal dengan sate ayamnya, Ponorogo juga punya kuliner khas lain. Dan, tak jauh-jauh dengan kuliner sate. Ya, namanya Sate Blendet.

Sekilas hampir sama dengan sate ayam. Yang membedakan, sambalnya. Jika sate ayam menggunakan sambal kacang murni, sate blendet ada campuran santan dan tepung sehingga warnanya khas.

‘’Sebutan blendet itu diambil dari nama bumbunya,’’ kata penjual sate blendet, Kasinem, Minggu (6/1/2019).

Sate blendet yang dijual warga Dusun Glagah, Karangan, Balong Ponorogo itu, hampir sama dengan sate ayam biasanya. Baik untuk bahan maupun proses pembuatannya. ‘’Cara buatnya ya seperti sate biasanya, direbus, diirisi terus ditusuk. Tapi saat direbus juga dikasih bumbu biar enak,’’ tambahnya.

Perbedaan menyolok pada sambalnya. Jika sate ayam biasa menggunakan sambal kacang, sate blendet menggunakan kuah kental atau yang disebut blendet. Warnanya kecokelatan, kental dan rasanya gurih.

Kasinem menjelaskan, bahan untuk membuat blendet di antaranya kacang, ketumbar, bawang merah, bawang putih,  daun jeruk, kunir, santan, tepung beras dan gula. ‘’Semua bumbu itu dihaluskan, lalu dicampur dan direbus hingga mengental,’’ paparnya.

Selain soal bumbu, cara penyajian sate blendet juga beda. Jika sate ayam biasa dihidangkan dengan lontong, sate blendet ini lebih pas disantap dengan nasi putih.

Untuk satu porsi sate blendet yang berisi tiga tusuk lengkap dengan nasi harganya Rp 10 ribu. Jika menginginkan hanya sate blendet, per tusuk dibanderol Rp 1.500. Ada yang jualnya lebih murah, tapi biasanya ukuran irisan dagingnya lebih kecil.

Sate Blendet ini menjadi kuliner yang khas dari Ponorogo karena beda dengan sate-sate biasanya. (*)

Jurnalis : Endra Dwiono (MG-54)
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Ponorogo

Komentar

Loading...
Registration