Cek Fakta Fakta atau Hoaks

[HOAKS] Viral Video Bagi-Bagi Uang dari Loteng di Probolinggo 

Jumat, 04 Januari 2019 - 13:35 | 120.82k
Subscribe TIMES TV KLIK

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGOVideo bagi-bagi uang dari atas loteng viral di media sosial. Dalam unggahan video berdurasi lebih dari dua menit itu dituliskan lokasi berada di Probolinggo, Jawa Timur. Namun berdasarkan pemeriksaan pihak kepolisian, video tersebut tidak benar atau hoaks.

Dalam video berdurasi selama dua menit tersebut, nampak sekeluarga berjumlah sekitar lima orang, tengah menghambur-hamburkan uang dari atas loteng. Di bawahnya, ratusan warga berkerumun berebutan uang.

Video bagi-bagi uang  tersebut diunggah pada 3 Januari 2019 oleh akun facebook Yuni Rusmini. Hingga Jumat (4/1/2019) siang, unggahan itu sudah dibagikan sebanyak 586 kali oleh warganet. Komentar warganet pun beragam, soal bagi bagi uang dengan cara tersebut. Kebanyakan mengecam, karena dianggap sebagai tindakan riya’ dan pamer kekayaan.

Namun demikian, berdasarkan keterangan dari Kepala Kepolisian Resort Probolinggo Kota AKBP Alfian Nurrizal, video yang viral tersebut, bukan terjadi di wilayah Probolinggo. Baik kota maupun kabupaten.

“Bukan, dari logatnya ada penyebutan ‘ro’ yang berarti orang. Di wilayah ini tidak ada penyebutan demikian,” jelasnya, Jumat siang.

Alfian mengimbau, masyarakat hendaknya berhati-hati dan tidak termakan isu yang menyesatkan. Serta upaya polarisasi masyarakat, terutama menjelang pemilu 2019 mendatang. Sebab berdasarkan hasil penyelidikan kepolisian, video bagi-bagi uang tersebut bukan berasal dari wilayah Probolinggo. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : TIMES Probolinggo

Fakta atau hoaks?
Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini.

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES