Jum'at, 22 Februari 2019
Peristiwa - Internasional

Masjid Al-Fatah Al-Alim Terbesar di Mesir Akan Dibuka Bulan Ini

Masjid Al-Fatah Al-Alim Terbesar di Mesir Akan Dibuka Bulan Ini Masjid Al-Fattah Al-Alim di Kairo, Mesir.
Kamis, 03 Januari 2019 - 18:03

TIMESINDONESIA, KAIROMesir memiliki Masjid terbesar Al-Fattah Al-Alim yang terletak di Kairo, mampu menampung 17.000 jamaah dan akan mulai dibuka bulan ini setelah rampung pembangunannya.

Kini pembangunan masjid ini sedang dalam taraf sentuhan akhir dalam proses konstruksinya. Selanjutnya, masjid yang berlokasi di ibu kota administratif baru ini akan dibuka secara resmi oleh Presiden Mesir Abdel Fattah Al Sisi.

Dilansir di Ahram Online, Kamis (3/1/2019), masjid ini dapat menampung lebih dari 17.000 jamaah dan masjid ini disebut sebagai salah satu masjid terbesar di dunia.

Masjid Al-Fattah Al-Alim ini dibangun oleh Middle Ring Road yang baru di ibu kota administratif baru itu. Luas bangunan masjid mencapai 6.325 meter persegi di halaman untuk shalat dan 6.700 meter persegi halaman shalat di pelataran luar. 

Masjid ini didesain dengan lima pintu masuk utama dan ruang untuk shalat wanita. Bangunan masjid ini mencolok dengan empat kubah sekunder berdiamter 12,5 meter, tinggi 10 meter, dan empat menara setinggi 92 meter.

Setidaknya 1.000 pekerja dilibatkan untuk membangun masjid bergaya arsitektur Fatimiyah Islam ini. Masjid Al-Fattah Al-Alim akan berfungsi sebagai situs resmi untuk layanan negara yang melibatkan upacara keagamaan.

Selain ada Masjid terbesar Al-Fattah Al-Alim, ibukota administratif yang baru di Mesir kini juga menjadi rumah bagi gereja terbesar di Mesir, the Nativity of Christ, yang sebagian telah dibuka dan digunakan untuk misa Natal pada tahun 2018 baru lalu. (*)

Jurnalis : Widodo Irianto
Editor : Widodo Irianto
Publisher : Rochmat Shobirin

Komentar

Loading...
Registration