Sabtu, 20 April 2019
Gaya Hidup

Tips Menjaga Kesehatan Rambut Meski Sering Pakai Helm, Mudah Banget!

Tips Menjaga Kesehatan Rambut Meski Sering Pakai Helm, Mudah Banget! ILUSTRASI (FOTO: Emeron)
Kamis, 03 Januari 2019 - 05:15

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Sering terkena helm bisa membuat rambut mudah rusak atau lepek. Nah, bagi Anda yang ingin rambut tetap sehat jangan lupa untuk menjaga kebersihan helm dan kesehatan rambut Anda. Bagaimana caranya? Simak ulasannya berikut seperti yang dilansir dari Klik Dokter.

1. Menjaga kebersihan helm

Sebagai upaya merawat rambut, Anda juga harus merawat helm dengan baik. Bersihkan helm secara teratur, terutama bagian dalamnya, sehingga tidak menumpuk debu atau kotoran terlalu banyak. Simpan helm Anda di tempat yang bersih, luas, dan sejuk saat tidak digunakan.

2. Memilih helm yang tepat

Pilihlah helm yang tepat dari segi kelayakan pakai. Mengenakan helm yang terlalu ketat, misalnya, dapat menyebabkan kondisi kesehatan yang disebut traction alopecia atau kerontokan rambut. Hal ini dikarenakan helm yang terlalu ketat akan menarik rambut secara konstan ke arah belakang. Untuk itu, pilihlah helm dengan ukuran yang tepat, tidak terlalu kencang atau terlalu longgar.

3. Perhatikan kondisi rambut

Setelah berurusan dengan helm, kini saatnya memikirkan rambut. Tak sedikit orang yang rutin membersihkan helm, namun masih saja bermasalah pada rambut. Biasanya, hal ini terjadi karena rambut sensitif.

Jika Anda baru saja mencuci rambut, luangkan waktu untuk mengeringkannya atau kering sendiri sebelum mengenakan helm. Hal ini akan mencegah keringat bercampur dengan rambut Anda serta mengurangi kemungkinan masalah rambut lainnya.

Untuk menjaga kesehatan rambut, perawatan dari dalam juga penting seperti mengonsumsi makanan yang bergizi. Rambut membutuhkan asupan gizi seperti protein, besi, vitamin C, omega-3, vitamin A, zink, dan vitamin E. Jadi pastikan Anda mendapatkan nutrisi-nutrisi tersebut secara seimbang.

Mengenakan helm setiap hari bisa membuat rambut mudah rusak dan kulit kepala gatal-gatal. Untuk itu, perhatikan tiga tips yang telah dijelaskan di atas, agar kesehatan rambut tetap terjaga. (*)

Jurnalis :
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : klikdokter.com

Komentar

Loading...
Registration