Peristiwa Daerah

Kasau Ingatkan Anggota TNI AU Menahan Diri Jelang Pemilu 2019

Rabu, 02 Januari 2019 - 18:35 | 44.96k
Komandan Marsma TNI Andi Wijaya, S, Sos saat memimpin pelaksanaan Apel Khusus, Rabu, (2/1/2019) di Lapangan Dirgantara Lanud Abd Saleh, Malang. (Foto: Istimewa)
Komandan Marsma TNI Andi Wijaya, S, Sos saat memimpin pelaksanaan Apel Khusus, Rabu, (2/1/2019) di Lapangan Dirgantara Lanud Abd Saleh, Malang. (Foto: Istimewa)

TIMESINDONESIA, MALANG – Menjelang Pemilu pada Bulan April 2019 nanti, Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Yuyu Sutisna, S.E., M.M. meminta semua jajarannya agar waspada, menjaga diri, dan menahan diri selama pesta demokrasi berlangsung.

”Ingat, prajurit tidak boleh menjadi alat suatu golongan atau orang, siapapun juga. Jangan pernah sekali-sekali terlibat dalam kegiatan politik praktis apapun bentuknya," tegas Kasau dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Komandan Marsma TNI Andi Wijaya, S, Sos saat memimpin pelaksanaan Apel Khusus, Rabu, (2/1/2019) di Lapangan Dirgantara Lanud Abd Saleh, Malang.

Kasau juga menginstruksikan agar seluruh anggota TNI AU tidak mudah terpengaruh, terpancing, atau terprovokasi jika terjadi masalah di tengah masyarakat atau mendengar isu-isu tidak bertanggung jawab, dan ia memerintahkan untuk melaporkan secara berjejang agar jalur komunikasi dan bersinergi dengan aparat pemerintah lain.

TNI-AU.jpg

Kasau juga akan menindak tegas apabila terjadi perbuatan main hakim sendiri oleh anggota TNI Angkatan Udara terhadap sesama anggota, aparat pemerintah lain, apalagi dengan masyarakat. 

"TNI Angkatan Udara ada untuk menjadi pelindung rakyat. Karenanya harus memiliki standar moral etika yang jauh lebih tinggi dari komponen masyarakat lain. Ingat jati diri kalian sebagai prajurit rakyat, prajurit nasional, dan prajurit professional, buatlah rakyat bangga dengan perilaku yang luhur, taati peraturan dan hukum," tegasnya.

Disisi lain ia memerintahkan kepada seluruh jajarannya agar membuat program-program keselamatan terbang dan kerja yang lebih inovatif, modern dan menarik.

"Saya ingin melihat budaya Safety TNI Angkatan Udara menjadi lebih baik pada tahun 2019 ini. Semua jajaran harus segera menemukan solusi atas berbagai masalah yang terjadi pada tahun 2018. Lakukan persiapan lebih awal, cermat, serius, perbaiki diri dan kinerja satuan masing-masing untuk memberikan sumbangsih yang lebih baik pada TNI Angkatan Udara di tahun 2019,” tegasnya.

Apel itu diikuti oleh seluruh anggota Lanud Abd Saleh baik militer maupun Aparatur Sipil Ne7gara (ASN), juga hadir Dandepohar 30 Kolonel Tek Ir. Isdwiyanto, S, IP, M, Si (Han), para Kepala Dinas, para Komandan Satuan, para Pejabat Lanud Abd Saleh dan Insub.

Kasau menyampaikan apresiasi dan dedikasi atas semangat pengabdian seluruh Prajurit dan PNS TNI AU karena telah melewati tahun 2018 dengan prestasi dan kinerja yang baik dan mencapai kondisi “Zero Accident”.

 “Prestasi ini adalah bukti keberhasilan kita dalam menjauhkan diri dan organisasi dari perilaku yang tidak profesional, seperti unsafe action dan unsafe condition”, ujarnya.

Dalam Apel Khusus itu, Kasau juga mengatakan jajaran TNI AU boleh berbangga dengan pencapaian Zero Accident, namun tidak boleh cepat puas karena wilayah udara nasional yang luas serta dinamika tugas yang berbeda dan bertambah sulit menuntut budaya Safety yang lebih baik pada tahun 2019. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Widodo Irianto
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Malang

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES