Kesehatan

Jangan Berlebihan Makan Yoghurt, Ini Dampaknya untuk Kesehatan

Selasa, 01 Januari 2019 - 05:27 | 1.80m
Ilustrasi - Makan Yoghurt (Foto: Thinkstockphotos)
Ilustrasi - Makan Yoghurt (Foto: Thinkstockphotos)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Yoghurt merupakan salah satu makanan sehat yang memiliki manfaat untuk kesehatan. Tak heran, banyak orang yang gemar makan yoghurt rutin setiap hari. Meski memiliki banyak manfaat untuk tubuh, tahukah Anda yoghurt bisa membawa dampak buruk jika dikonsumsi secara berlebihan?

Yoghurt terbuat dari susu segar dan krim yang telah melalui proses pasteurisasi, kemudian difermentasikan bersama kultur bakteri hidup dan diinkubasi pada suhu tertentu guna mendorong pertumbuhan bakteri. Proses kultur tersebut akan menghasilkan laktosa serta asam laktat sebagai pemberi rasa khas pada yoghurt.

Melansir dari laman Detik Food, Prof. Ir. Hardiansyah, MS. PhD, selaku Ketua Umum PERGIZI PANGAN Indonesia, menjelaskan bahwa batas aman konsumsi yoghurt hanya sebanyak 3 porsi dalam sehari.

Tujuannya agar keseimbangan jumlah bakteri baik yang hidup di dalam usus tetap terjaga, sehingga bisa membantu melancarkan proses penyerapan nutrisi dari makanan.

Sebenarnya sah-sah saja untuk mengonsumsi yoghurt maupun olahan yoghurt secara teratur, karena produk ini punya segudang manfaat baik bagi kesehatan tubuh. Hanya saja, ternyata terlalu banyak makan yoghurt dapat membawa dampak buruk bagi tubuh.

Yoghurt biasanya mengandung sejumlah kalori dan gula yang tidak sedikit. Itu sebabnya, alih-alih menjaga tubuh tetap sehat, terlalu banyak makan yoghurt justru bisa menambah asupan gula yang masuk ke dalam tubuh. Akibatnya, kalori yang Anda peroleh dalam sehari bisa melebihi jumlah yang dibutuhkan oleh tubuh.

Asupan gula yang berlebihan kerap dikaitkan dengan berbagai masalah kesehatan, seperti diabetes, kelebihan berat badan, hingga penyakit jantung. 

Jika Anda termasuk penggemar yoghurt, sebaiknya perhatikan jenis yoghurt yang Anda konsumsi, entah itu plain yoghurt, greek yoghurt, yoghurt rendah lemak. Bila ingin menghindari asupan gula yang terlalu banyak, Anda bisa memilih plain yoghurt (tanpa rasa) maupun yoghurt tanpa lemak. Beri irisan buah segar sebagai pelengkap sebagai pemberi rasa manis alami dalam sajian yoghurt Anda.

Untuk menjaga kesehatan tubuh, selain mengonsumsi yoghurt Anda juga harus mengonsumsi makanan sehat lainnya. Jangan lupa untuk rajin berolahraga agar tubuh juga tetap bugar. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES