Minggu, 17 Februari 2019
Gaya Hidup

7 Tips Jaga Kesehatan Saat Merayakan Malam Tahun Baru

7 Tips Jaga Kesehatan Saat Merayakan Malam Tahun Baru Ilustrasi Suasana Meriah Malam Tahun Baru (FOTO: Dok. TIMES Indonesia)
Senin, 31 Desember 2018 - 18:42

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Momen malam pergantian tahun baru biasanya menjadi hal yang sangat dinanti. Banyak orang yang menyambutnya dengan menggelar semua pesta seperti berkumpul bersama teman-teman dan keluarga. Nah, agar tidak drop alias jaga kesehatan saat dan setelah merayakan malam tahun baru, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan.

1. Istirahat yang cukup
Istirahat sangat penting untuk menjaga imunitas tubuh. Tubuh yang kurang istirahat akan lebih cepat terserang penyakit. Oleh karena itu pastikan anda istirahat yang cukup sebelum memutuskan bedagang pada malam tahun baru.

Menyiapkan kondisi tubuh untuk bedagang ada baiknya dilakukan sejak makan sebelumnya. Dan akan lebih baik kalau anda tidur siang terlebih dahulu sebelum begadang.

2. Hindari soft drink & minuman dengan pemanis buatan
Pada saat merayakan malam tahun baru baiknya anda lebih selektif dalam hal memilih minuman. Karena jika anda mengkonsumsi minuman dengan kadar gula yang tinggi seperti softdrink hal ini bisa menumpuk kalori menjadi lemak dan dapat memicu obesitas jika dikonsumsi secara berlebihan.

Apalagi jika sudah tersedia minuman beralkohol, lebih baik anda batasi konsumsi kedua minuman tersebut agar perut tidak kembung.

3. Hindari camilan asin
Selain minuman dan makanan dengan kadar gula berlebih, sebaiknya anda juga menghindari mengkonsumsi camilan asin seperti kepirik yang kerap disajikan pada saat pesta tahun baru. Meski terasa lezat, jika makanan ini dikonsumsi secara berlebihan maka akan menyebabkan masalah kesehatan, karena keripik mengandung monosodium glumat yang bisa memicu tekanan darah naik.

4. Hindari daging yang berlemak 
Belum pas rasanya jika pesta tahun baru tidak melakukan pesta barbeque, bakar-bakar ayam atau sate. Nah, jangan lupa untuk memilih daging sapi atau daging kambing yang bebas lemak.

Selain daging-dagingan, anda juga dapat memilih ikan sebagai alternative penganti daging. Hanya bermodalkan bumbu sederhana seperti kecap manis, garam, dan jeruk nipis saja ikan bakar siap disantap pada saat malam tahun baru.

5. Perbanyak konsumsi sayur dan buah
Mengkonsumsi sayur dan buah bisa membantu agar tubuh anda mendapatkan vitamin dan mineral yang dibutuhkan.
Buah potong atau salad buah misalnya, bisa menjadi opsi hidangan untuk malam tahun baru. Selain menyegarkan tubuh setelah banyak mengkonsumi camilan dan daging-dagingan. Buah juga dapat membantu memperlancar pencernaan anda setelah makan banyak.

6. Jangan makan berlebihan
Terkadang saat merayakan malam tahun baru kita suka lupa dan mengkonsumsi makanan secara berlebihan. Padahal perayaan malam tahun baru bukanlah ajang untuk lomba makan berlebih-lebihan. Karena hal ini dapat berdampak kepada kesehatan diri kita.

7. Perbanyak konsumsi air putih
Perbanyak minum air putih untuk menetralisir racun tubuh dan sebagai detoksifikasi alami. Jadi, pastikan anda tetap terhidrasi dengan menjaga kecukupan cairan, selain itu dengan mengkonsumsi banyak air akan membut kulit kita tetap segar.

Demikian beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar tidak drop alias jaga kesehatan saat dan setelah merayakan malam tahun baru. (*)

Jurnalis : Nadya Rahma Putri
Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

Komentar

Loading...
Registration