Senin, 18 Februari 2019
Opini

Pohon Beringin

Pohon Beringin (Grafis: TIMES Indonesia)
Senin, 31 Desember 2018 - 16:14

TIMESINDONESIA, PURWODADI – Pohon yang besar dan kokoh, berakar kuat dan dalam mencengkeram tanah, akar gantungnya bisa menjelma menjadi batang, tumbuh dan terus tumbuh. Beringin menjaga tanah dari kekeringan karena membantu menyimpan air. Pohon yang dari keluarga Ficus ini sangat rindang, menjadi rumah yang nyaman bagi aneka fauna yang terbang. 

Nah, dimanakah gerangan anda menjumpai pohon beringin atau pohon-pohon baik lainnya tertanam? Jangan tanyakan pada rumput yang bergoyang, karena ia tak akan bilang. Tapi tanyakanlah pada ahlinya Kang Sugik (Sugiarto Ugik Kakang). Sosok yang sederhana, ulet, pekerja keras dan sosial ini sangat kaffah (totalitas) dalam mecintai lingkungan, alam dan tumbuhan. Istiqomah menanam pohon dengan menggerakkan komunitas baik pemuda, petani pinggir hutan khususnya di bumi Pasuruan di bawah naungan Sanggar Indonesia Hijau (SI Hijau) yang didirikannya. Sudah banyak prestasi formal maupun informal yg disematkan pada beliau. Mulai dari Bupati, Gubernur, Menteri hingga Presiden yang memberikan award (anugerah/penghargaan) sebagai pejuang lingkungan dan konservasi hutan. Meski sejatinya bagi beliau prestasi terbaik itu adalah ketika kita tak mau berhenti menanam pohon, terus dan terus menanam.

RefleksiAkhirTahun2018.jpg

Sehingga tak heran klimaks dari karya-karya dan kegiatan konservasinya, beliau membangun kawasan wisata edukasi dan rekreasi bernuansa alam yang dinamakan Kampung Pancar Air. Kurang afdhol kiranya jika kita belum mengunjunginya seperti halnya yg sdh saya alami dan rasakan. Suasananya sangat homely, kita menuju ke tempat itu harus melewati jalanan paving yang berpagarkan rumah warga khas nuansa perkampungan.

Jurnalis : Bayhaqi Kadmi
Editor : Bayhaqi
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

Komentar

Loading...
Registration