Ketahanan Informasi Ketahanan Informasi Nasional

Kuatkan Modal Kerja, Bank SPM Gandeng Bank Jatim Syariah

Kuatkan Modal Kerja, Bank SPM Gandeng Bank Jatim Syariah Tanda tangan nota kesepakatan kerjasama PT BANK SARANA PRIMA MANDIRI ( SPM ) Pamekasan dengan PT BANK JATIM SYARIAH ( BJS ) di ball room bjs Surabaya
Sabtu, 29 Desember 2018 - 23:47

TIMESINDONESIA, PAMEKASAN – Manajemen Bank SPM (Sarana Prima Mandiri) memantapkan posisinya sebagai Bank yang memiliki kepedulian terhadap pengembangan ekonomi kerakyatan berbasis syariah. 

Untuk mewujudkan keinginan serta eksistensinya sebagai Bank-nya pengusaha kecil Bank SPM menggandeng Bank Jatim Syariah untuk bekerjasama dalam memperkuat modal kerja.

SPM-2.jpg

Modal tersebut kemudian disalurkan dalam bentuk pembiayaan disektor usaha kecil dan mikro.

Kerjasama akad pembiayaan sebesar Rp 3 miliar itu ditandatangani pada Rabu (20/12/2018) lalu. Jumlah ini akan terus bertambah sesuai kebutuhan Bank SPM kedepan.

Dirut SPM, Riyanto berharap Bank Jatim Syariah (BJS) sebagai Bank Umum yang notabene milik masyarakat Jatim untuk meningkatkan kerjasamanya dengan BPRS yang banyak tersebar di beberapa wilayah di Jatim.

Diketahui kinerja Bank SPM dalam 1 tahun terakhir menunjukkan pertumbuhan yang cukup signifikan dengan kinerja Bank SPM yang cukup signifikan. 

Sejak menjabar sebagai Dirut SPM, ia mengungkapkan adanya pertumbuhan asset yang signifikan. Hal itu dipengaruhi oleh perubahan strategi bisnis yang dikembangkan oleh manajemen baru SPM.

"Pertumbuhan sebuah bank bertumpu dan sangat ditentukan oleh sejauh mana kreatifitas dan kompetensi pengelolanya (manajemen) dalam meramu strategi bisnis dengan memadukan kekuatan internal yang dimiliki dengan peluang pasar yang ada," kata Riyanto.


Bank SPM menyadari posisinya sebagai bank yang relatif kecil dibandingkan bank-bank yang ada di Pamekasan dan karenanya bank ini harus tampil untuk lebih dikenal masyarakat melalui produk-produk yang bisa dirasakan dan disukai masyarakat.

"Oleh karena itu, di mata masyarakat Bank SPM harus tampil beda dan lebih baik dibanding Bank lainnya," kata Riyanto, Jumat (28/12/2018).

Terkait dengan prinsip diatas, saat ini Bank SPM memiliki produk unggulan yang fiturnya sangat berpihak pada pengembangan ekonomi kerakyatan dengan nuansa syariah sesuai landasan operasional dari Bank SPM.

Produk Tabarok merupakan salah satu produk unggulan SMP. Tabarok adalah produk pembiayaan tanpa agunan/jaminan yang belakangan semakin diminati masyarakat karena berbagai kemudahan dan kecepatan layanan dari produk ini.

"Pembiayaan Tabarok ternyata mendapat perhatian serta minat yang luar biasa dari masyarakat terutama pengusaha kecil yang selama ini mengalami kesulitan mendapatkan akses ke Bank Umum sehingga mereka terpaksa berurusan dengan penyedia modal perorangan (rentenir) dan hal ini sejalan dengan visi dan misi Tabarok untuk mengentaskan mereka dari jeratan rentenir," papar Riyanto.

Ia berharap kolaborasi yang apik ini antara Bank SPM dan Bank Jatim Syariah bisa ditingkatkan terutama dalam upaya mengembangkan ekonomi masyarakat kecil yang lebih berkeadilan dengan prinsip syariah. (*)

Jurnalis : Ridwan Sutarjo (DJ-030)
Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Rizal Dani

Komentar

Loading...
Registration