Glutera News

Tak Hanya Menghilangkan Stres, Ini Manfaat Tertawa untuk Tubuh

Tak Hanya Menghilangkan Stres, Ini Manfaat Tertawa untuk Tubuh FOTO: Glutera
Sabtu, 29 Desember 2018 - 12:02

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Sudahkah Anda tertawa hari ini? Banyak manfaat kesehatan yang bisa didapatkan berkat tertawa. Tertawa tidak hanya baik untuk fisik, melainkan juga membawa efek positif terhadap kondisi kejiwaan seseorang. Apa saja manfaat tertawa?

1. Tubuh Memperoleh Lebih Banyak Oksigen
Ada beragam jenis manfaat tertawa untuk kesehatan yang berhasil diungkapkan oleh para ahli. Tertawa memberikan kesempatan kepada tubuh untuk memperoleh lebih banyak oksigen sehingga menstimulasi berbagai organ tubuh, seperti jantung, paru-paru, otot. Selain itu efektif dalam meningkatkan endorfin yang dikeluarkan otak.

2. Menstimulasi Sirkulasi Darah
Tertawa juga diketahui dapat menstimulasi sirkulasi darah dan menambah relaksasi otot sehingga dapat mengurangi dampak stres dan mendatangkan perasaan lega dan menenangkan.

3. Meningkatkan Sistem Imunitas
Untuk jangka panjang, tertawa dapat meningkatkan sistem imunitas. Hal ini karena tertawa dapat menghadirkan pikiran positif sehingga tubuh melepaskan hormon neuropeptida yang membantu mengatasi stres dan kemungkinan penyakit lainnya. Tertawa juga diyakini dapat membantu meredakan rasa sakit secara alami, termasuk rasa nyeri otot.

4. Mengurangi Stres dan Risiko Serangan Jantung
Temuan lainnya bahkan mengungkapkan, tertawa bisa mengurangi stres dan risiko serangan jantung. Hal ini karena kurangnya stres berarti lapisan pembuluh darah endothelium menjadi terlindungi. Dengan demikian, penumpukan lemak dan kolesterol pada arteri koroner bisa dihindari.

5. Mengendalikan Tingkat Gula Darah
Tertawa kemungkinan juga mampu mengendalikan tingkat gula darah. Sebuah studi meminta para penderita diabetes untuk menghadiri perkuliahan yang serius setelah makan. Keesokan harinya dilanjutkan dengan menonton komedi. Terbukti kadar gula para penderita diabetes lebih rendah setelah menonton komedi. Walau masih diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai dampak tertawa pada kadar gula darah, tidak ada salahnya menjadikan tertawa dan berelaksasi sebagai bagian dari pola hidup sehat.

Apa yang sebenarnya terjadi saat tertawa? Saat seseorang tertawa, tubuh mengalami beberapa reaksi. Diawali dengan peregangan otot di sekitar wajah. Kemudian, diiringi dengan naiknya denyut nadi dan tekanan darah. Seluruh reaksi itu menyebabkan seseorang bernapas lebih cepat, sehingga lebih banyak oksigen yang diperoleh oleh jaringan-jaringan tubuh.

Tertawa juga dapat dianggap memiliki manfaat olahraga ringan, karena yang diperoleh tubuh hampir mirip dari keduanya. Salah seorang peneliti mengungkapkan, hasil kenaikan detak jantung saat tertawa terbahak-bahak selama satu menit sama dengan latihan menggunakan alat olahraga mesin dayung selama 10 menit.

Tidak hanya itu, peneliti juga mengungkapkan bahwa tertawa dapat membakar kalori. Dari studi yang dilakukan, tertawa selama 10-15 menit mampu membakar 50 kalori.
 
Tertawa juga diyakini mampu meningkatkan kepuasan pribadi seseorang. Dengan tertawa, Anda akan membuat seseorang merasa lebih mudah menerima situasi sulit dan terhubung dengan orang lain. Depresi dan ketegangan dapat diredakan dengan tertawa.

Manfaat tertawa untuk kesehatan dikaitkan juga dengan kegiatan sosial bersama teman-teman dan keluarga karena memiliki hubungan yang erat. Sebuah studi mengemukakan bahwa seseorang memiliki kemungkinan 30 persen lebih banyak tertawa dengan orang lain yang dekat dengan dirinya.

Jika Anda ingin merasakan manfaat tertawa dalam kehidupan sehari-hari, Anda bisa mengikuti beberapa cara di bawah ini.
1. Bersikap terbuka terhadap humor. Biarkan diri Anda tertawa, bahkan pada saat yang dianggap sedang sulit.
2. Jika perlu, cari sesuatu yang dapat membuat Anda tertawa tiap hari. Misalnya, membaca kartun atau menonton acara televisi yang membuat Anda tertawa.
3. Tertawa erat dengan kegiatan sosialisasi. Ceritakan kisah lucu Anda kepada rekan-rekan atau teman-teman saat berkumpul dan nikmati tertawa bersama-sama.

Tertawa merupakan kegiatan menyenangkan, terutama ketika bersama dengan orang-orang yang ada di sekitar Anda. Iringi dengan pola hidup sehat seperti pola makan bernutrisi, olahraga dan tidur teratur untuk mendapatkan manfaat tertawa untuk kesehatan secara maksimal. (*)

Jurnalis :
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : Glutera News

Komentar

Loading...
Registration