Peristiwa Daerah

Pemkab Lombok Barat Tidak Gelar Kegiatan Perayaan Tahun Baru 2019

Jumat, 28 Desember 2018 - 21:28 | 65.84k
Bupati Lombok Barat Fauzan Khalid. (FOTO: Humas Lobar for TIMES Indonesia)
Bupati Lombok Barat Fauzan Khalid. (FOTO: Humas Lobar for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MATARAM – Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, untuk malam perayaan tahun baru 2019 kali ini Pemkab Lombok Barat tidak akan menyelenggarakan kegiatan.

Hal tersebut ditegaskan oleh Bupati Lombok Barat, Fauzan Khalid saat menghadiri acara Refleksi dan Muhasabah 2018 di Aula Kantor Bupati, Jumat (28/12/2018).

"Kita tidak akan menyelenggarakan acara yang bersifat hura-hura. Saya sudah menerbitkan himbauan tentang pelaksanaan perayaan malam tahun 2018. Lebih baik kita diam di rumah dan bermuhasabah secara pribadi atau bersama dengan keluarga," kata Fauzan. 

Melalui Surat Edaran tersebut, Fauzan mengimbau agar masyarakat mengisi malam tahun baru dengan melakukan muhasabah dan kegiatan agama seperti zikiran dan bahkan pengajian.

Muhasabah atau introspeksi diri, menurut Fauzan, adalah upaya seseorang mengevaluasi segala kekurangan diri, baik secara personal maupun sosial. 

Fauzan berharap, acara yang digelar pemerintah daerah dapat dilanjutkan oleh masyarakat sampai lapisan bawah. 

"Dua hari ini, kegiatan muhasabah dilakukan di semua kecamatan. Selanjutnya bisa diikuti oleh Pemerintah Desa bersama para tokoh masyarakat," ujar Fauzan. 

Hasil pantauan di lapangan, komitmen Fauzan seiring sejalan dengan perkembangan di lapangan. 

Beberapa desa di wilayah Lombok Barat diketahui melaksanakan himbauan agar masyarakat tidak merayakan pergantian tahun dengan hura-hura seperti main kembang api, petasan, konvoi berkendaraan, dan meminum alkohol. 

Untuk mengantisipasi dan mengevaluasi efektivitas imbauannya, Fauzan telah memerintahkan Satuan Polisi Pamong Praja, Dinas Perhubungan, dan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik untuk melakukan pemantauan di malam pergantian tahun. 

"Kita akan tetap lakukan pemantauan di wilayah Pemkab Lombok Barat paling tidak ada tiga titik yang harus diantisipasi jangan sampai perayaan pergantian tahun baru 2019 menimbulkan keresahan," pungkas Fauzan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Mataram

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES