Peristiwa Nasional

Peringati Hari Amal Bakti ke-73, Kemenag RI adakan Dialog Lintas Agama

Jumat, 28 Desember 2018 - 19:26 | 59.83k
Menteri Agama RI, Lukman Hakim. (Foto: Edi junaidi Ds/TIMES Indonesia)
Menteri Agama RI, Lukman Hakim. (Foto: Edi junaidi Ds/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Peringati Hari Amal Bakti ke-73, Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) mengadakan Dialog Lintas Iman tentang kehidupan umat beragama di Indonesia. Dialog yang dilakukan sejumlah tokoh agama dan budayawan tersebut digelar di Discover Hotel, Ancol, Jakarta, Jumat (28/12/2018).

Dalam sambutannya, Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin menjelaskan, dialog ini merefleksikan kembali perjalanan kehidupan antar agama di Indonesia beberapa tahun sebelumnya. Sehingga bisa bisa jadi masukan bagi Kemenag di tahun yang akan datang.

"Jadi refleksi ini penting sebagai proyeksi kita memasuki 2019," ujar Lukman.

Dalam dialog tersebut, lanjutnya, ada tiga tema yang akan didiskusikan, yaitu konservatisme agama, relasi antar agama dan negara, dan bagaimana beragama di tengah perkembangan teknologi informasi saat ini.

"Yang tertentu kita ingin mendapatkan masukan lebih fokus, masukan-masukannya dari orang yang sudah kompeten di bidangnya," jelasnya.

Dialog lintas agama dalam peringatan Hari Amal Bakti ke-73 yang digelar Kemenag RI ini, turut diikuti sejumlah tokoh agama dan budayawan. Di antaranya, Abdul Muthi, Asep Zamzam Noor, Fatin Hamama, Garin Nugroho, Haidar Baqir, Hartati Murdaya, Henriette G Lebang, Jadul Maula, Komaruddin Hidayat, Seno Gumira, Suhadi Sanjaya, Sujiwo Tedjo, Ulil Abshar Abdalla, Usman Hamid, Uung Sendana, Wahyu Muryadi, Yudi Latif, Bhikku Jayamedo, Inayah Wahid, Coki Pardede, Zaztrow, dan D Zawawi Imron. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES