Kesehatan

Berniat Berhenti Merokok, Yuk Coba dengan Makanan Sehat Ini

Kamis, 27 Desember 2018 - 05:33 | 76.06k
Merokok. (FOTO: Hello Sehat)
Merokok. (FOTO: Hello Sehat)

TIMESINDONESIA, JAKARTABerhenti merokok sangat tidak mudah dilakukan. Bayang-bayang merokok selalu menghantui para perokok yang berniat berhenti dari kecanduan rokok, hasilnya banyak yang menyerah dan kembali merokok. Namun tahukah Anda ternyata efek kecanduan rokok ini bisa ditahan dengan mengatur pola makan yang sehat, lho. Apa saja makanan sehat yang bisa membantu untuk berhenti merokok?

Seperti dilansir dari Hello Sehat, menurut sebuah penelitian yang dimuat dalam jurnal Tobacco Induced Diseases tahun 2017, mengatur pola makan ternyata bisa menjadi salah satu cara sukses untuk berhenti merokok. Nah, berikut ini berbagai makanan yang bisabantu Anda berhenti merokok.

1. Susu

Susu bisa menjadi alternatif makanan untuk berhenti merokok. Temuan ini berawal dari sebuah studi yang dimuat dalam jurnal Nicotine and Tobacco Research tahun 2007 silam. Pada penelitian tersebut, sekitar 209 perokok diminta untuk menikmati berbagai makanan dan menilai jenis makanan apa saja yang bisa membuat lidahnya terasa enak dan tidak.

Ternyata, makanan untuk berhenti merokok yang paling banyak dipilih adalah susu dan produk susu. Ini karena susu dapat membantu menghilangkan sensasi pahit di lidah akibat merokok.

2. Sayur dan Buah

Makanan sehat ini juga dapat membantu Anda untuk berhenti merokok. Anda bisa memilih jeruk, pir, apel, atau pisang yang mengandung banyak antioksidan, vitamin, dan serat.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Nicotine and Tobacco Research tahun 2013, para mantan perokok yang suka makan sayur dan buah cenderung lebih mudah terbebas dari jeratan rokok. Bahkan, hasrat untuk setop merokok terus menguat hingga 30 hari ke depan, dibandingkan mereka yang jarang makan sayur dan buah.

3. Popcorn

Makanan berbahan dasar jagung ini juga bisa menjadi makanan untuk berhenti merokok yang bisa Anda andalkan. Bukan cuma membuat tangan jadi sibuk ngemil, makan popcorn juga bisa membuat Anda lebih cepat kenyang sehingga Anda enggan merokok lagi.

Sekitar 1.000 gram atau setara dengan 5 cangkir popcorn hanya mengandung 150 kalori. Jadi, Anda tak perlu cemas akan kegemukan setelah makan popcorn. Namun dengan catatan, hindari menambahkan mentega, gula, atau garam pada popcorn. Gantilah dengan sedikit minyak zaitun atau keju parmesan supaya lebih gurih dan menambah cita rasanya.

Meski berhenti merokok bukanlah hal yang mudah, Anda harus tetap mencobanya demi kesehatan. Anda bisa memulainya dengan makanan sehat yang mudah ditemui seperti di atas. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES