Peristiwa Daerah

Jelang Libur Nataru, Dishub Kabupaten Malang Awasi Bus Pariwisata

Jumat, 21 Desember 2018 - 14:48 | 124.92k
Kepala Dishub Kabupaten Malang Eka Hafi Lutfi (tengah) saat melakukan briefing dengan petugas Dishub (Foto: Istimewa)
Kepala Dishub Kabupaten Malang Eka Hafi Lutfi (tengah) saat melakukan briefing dengan petugas Dishub (Foto: Istimewa)

TIMESINDONESIA, MALANG – Jelang libur Natal dan Tahun Baru (Nataru), Dishub Kabupaten Malang kian meningkatkan kewaspadaan. Utamanya meningkatkan pengawasan terhadap bus pariwisata yang kondisinya tak layak jalan.

“Biasanya saat libur panjang Natal dan Tahun baru saat akhir tahun sekarang, banyak bus pariwisata disewa oleh sekolahan maupun lainnya untuk keperluan liburan,” ujar Kepala Dishub Kabupaten Malang, Eka Hafi Lutfi, kepada TIMES Indonesia, Jumat (21/12/2018).

Biasanya, kata dia, banyak bus pariwisata yang disewa dengan kondisi tak layak jalan, yang berpotensi menyebabkan terjadinya kecelakaan lalulintas.

Maka dari itu, pihaknya sudah menyiapkan program pengecekan bus pariwisata secara gratis.

“Kami sudah memberikan imbauan kepada sekolahan melalui Dinas Pendidikan yang akan mengadakan liburan maupun study tour, bisa meminta kepada kami untuk melakukan pengecekan bus pariwisata yang hendak disewa,” katanya.

Lantas, bagaimana dengan bus pariwisata dari luar daerah yang masuk ke wilayah Kabupaten Malang dan belum dilakukan pengecekan?, maka pihaknya juga melayani pengecekan pula.

“Selain itu, kami juga bisa melakukan penilangan terhadap bus pariwisata yang tak layak jalan. Dengan catatan, kami menggelar operasi maupun razia gabungan bersama pihak kepolisian,” kata mantan Kepala BPBD Kabupaten Malang tersebut.

Diapun berharap tidak ada kejadian menonjol selama liburan panjang Natal dan tahun baru kali ini.

“Kami sudah melakukan persiapan dalam menyambut libur panjang akhir tahun ini (Nataru). Sedangkan petugas kami di lapangan tetap masuk menggunakan sistem piket, untuk melakukan pengamanan selama liburan akhir tahun kali ini,” pungkas Kepala Dishub Kabupaten Malang tersebut.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Malang

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES